Hubungan pemaafan dan silaturahim dengan kepuasan sekolah siswa SMP N 2 Lendah

Sarini Sarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemaafan dan  silaturahim dengan kepuasan sekolah siswa SMP Negeri 2 Lendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa SMP Negeri 2 Lendah berjumlah 133 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara pemaafan dan silaturahim dengan kepuasan sekolah pada siswa SMP Negeri 2 Lendah. Ditunjukkan dengan R = 0,595 nilai F = 36,581 dengan P = 0,006 (P < 0,05) Berdasarkan hasil analisis R square sebesar 0,354 besar sumbangan pemaafan dan silaturahim sebesar 35,4%. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara pemaafan dan silaturahim dengan kepuasan sekolah siswa SMP Negeri 2 Lendah.  


Keywords


Kepuasan Sekolah; Pemaafan; Silaturahim

Full Text:

PDF

References


Baker, J. A., Dilly, L. J., Aupperlee, J. L., & Patil, S. A. (2003). The developmental context of school satisfaction: Schools as psychologically healthy environments. School Psychology Quarterly, 18(2), 206.

Chan, D. W. (2010). Teacher burnout revisited: Introducing positive intervention approaches based on gratitude and forgiveness. Educational Research Journal, 25(2), 165.

Dew, T., & Huebner, E. S. (1994). Adolescents' perceived quality of life: An exploratory investigation. Journal of School psychology, 32(2), 185-199.

Diponegoro, A. M. (2010). Psikologi konseling Islami dan psikologi positif.

Emmons, R. A., & Crumpler, C. A. (2000). Gratitude as a human strength: Appraising the evidence. Journal of social and clinical psychology, 19(1), 56-69.

Gilman, R., Huebner, E. S. & Buckman, M. (2008). Positive schooling. dalam Lopez, S. J. Positive Psychology: Exploring the Best in People. Connecticut: Praeger Publisher.

Hidayah, N. (2017). Kepuasan terhadap Sekolah Ditinjau dari Gaya pengasuhan, Koping Stres, Iklim Sekolah, dan Persepsi Kompetensi Akademik pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Huebner, E. S., Ash, C., & Laughlin, J. E. (2001). Life experiences, locus of control, and school satisfaction in adolescence. Social indicators research, 55(2), 167-183.

Lévy-Garboua, L., & Montmarquette, C. (2004). Reported job satisfaction: what does it mean?. The Journal of Socio-Economics, 33(2), 135-151.

Seligman, M. E., Ernst, R. M., Gillham, J., Reivich, K., & Linkins, M. (2009). Positive education: Positive psychology and classroom interventions. Oxford review of education, 35(3), 293-311.

Seligman, M.( 2002). Authentic happiness. New York: The Free Press.

Supriatmanto, S., & Handriyanto, B. (2010). Dahsyatnya energi silaturahim. Jakarta: Gema Insani.

Tian, L. L., Liu, W., & Gilman, R. (2010). Explicit and implicit school satisfaction. Social Behavior & Personality: an international journal, 38(10).

Toussaint III, L. G., Friedman, J. A., Wijdicks, E. F., Piepgras, D. G., Pichelmann, M. A., McIver, J. I., ... & Atkinson, J. L. (2005). Survival of cardiac arrest after aneurysmal subarachnoid hemorrhage. Neurosurgery, 57(1), 25-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.