Hubungan antara pola asuh demokratis dan religiusitas terhadap empati siswa SMP Muhammadiyah Imogiri

Bambang Setyo Budianto, Mujidin Mujidin, Fatwa Tentama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pola asuh demokratis dan religiusitas terhadap empati siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Imogiri. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah hubungan yang positif dan siginifikan antara pola asuh demokratis dan religiusitas terhadap empati siswa SMP Muhammadiyah Imogiri Bantul. Subjek penelitian ialah siswa-siswi kelas VIII SMP Muhammadiyah Imogiri. Subjek penelitian ini berjumlah 64 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala demokratis, skala regiusitas dan skala empati. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi yang diolah dengan menggunakan SPSS for Windows. Hasil analisis menunjukkan secara parsial ada hubungan pola asuh terhadap empati dan ada hubungan reigiusitas terhadap empati pada remaja di SMP Muhammadiyah Imogiri. Pola asuh demokrasi dan religiusitas secara bersama-sama mempengaruhi empati pada remaja di SMP Muhammadiyah Imogiri.


Keywords


Demokratis; Religiusitas; Empati

Full Text:

PDF

References


Ancok D & Nashori F. (2004). Psikologi Islami: Solusi islam atas problem-problem psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Andisti, Miftah A. dan Ritandiyono. (2008). Religiusitas dan perilaku seks bebas pada dewasa awal. Jurnal Psikologi. Vol. 1. No. 2. Hlm. 170-176.

Arikunto S. (2008). Prosedur penelitian : Suatu pendekatan praktek. Edisi Revisi kelima. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Baron, R.A., & Byrne D. (2005). Psikologi Sosial. Alih Bahasa : Ratna Juwita, dkk. Jakarta : Erlangga.

Batson. 2012. Altruism and prosocial behavior. Handbook of Social psychology. v (2). pp. 282

Baumrind.(2007). Pola asuh otoritas orang tua. Jakarta:Yayasan Obor Indonesia.

Goleman, D. (2006). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hoffman, M. (2006). Empathy and moral development: Implications for caring and justice. New York: Cambridge University Press.

Hurlock, E. (2013). Psikologi Perkembangan. Alih Bahasa: Isti Widayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga.

Muhaimin, dan Mujib, Abdul. (2002). Pemikiran pendidikan islam kajian filosofis dan kerangka dasar operasionalisasinya. Bandung: Trigenda Karya.

Muhaiyinah. (2017) Hubungan pola asuh orang tua demokratis dengan empati anak usia dini di tk islam al- falah kota jambi. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Nancy, D., Patricio, C., Martı´nezb, M. (2007). Adolescents’ as active agents in the socialization process: Legitimacy of parental authority and obligation to obey as predictors of obedience. Adolescenc, 297–311.

Nasution. S. 2002. Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Semiun, Y. (2006). Teori kepribadian &terapi psikoanalistik. Yogyakarta: Kanisius

Senjaya, P. (2011). Good parents bad parents. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Septiari, B. Bea. (2012). Mencetak balita cerdas dan pola asuh orang tua. Yogyakarta : Nuha Medika.

Shochib, M. (2000). Pola asuh orang tua dalam membantu anak mengembangkan disiplin diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Taufik. (2012) Empti : Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta : Raja Gravindo

Yuniarti. (2016). Hubungan pola asuh orang tua dan empati denngan perilaku prososial pada siswa SMP muhammadiyah plus gunung pring magelang. Skripsi Tidak Diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.