Pengaruh budaya organisasi terhadap subjective well-being pada guru perempuan Sekolah Menengah Kejuruan Kota Yogyakarta

Mustaqim Setyo Ariyanto, Nina Zulida Situmorang, Fatwa Tentama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap subjective well-being. Subjek dalam penelitian ini adalah 150 guru perempuan SMK di Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala subjective well-being dan skala budaya organisasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan dengan nilai t = 22,658. p = 0,000 (p< 0,01) menunjukkan pengaruh positif yang sangat signifikan antara subjective well-being dengan budaya organisasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara budaya organisasi terhadap subjective well-being guru perempuan SMK di Kota Yogyakarta.


Keywords


budaya organisasi; guru; subjective well-being

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (2017, 6 Juni). Dikutip 9 Agustus 2018: https://www.bps.go.id/publication/2017/12/29/a5f1de9e06a62e333bc7a33c/potret-pendidikan-indonesia-statistik-pendidikan-2017.html

Carr, A. (2011). Positive pscyhology : The science of happines and human strengths. USA and Canada.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset. (Helly P. Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto, Penerjemah). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Diener, E., Lucas, R.E., & Oshi S. (2005). Subjective well-being: the science and happiness and life satisfaction. Handbook of positif psychology. Oxford: Oxford University Press.

Diener, E. (2009). The science of well-being the collected works of ed diener. USA: Springer.

Hartanto, E. W., & Kurniawan, J. E. (2015). Hubungan antara iklim organisasi dengan subjective well-being pada karyawan di perusahaan X. Jurnal Psikologi Teori & Terapan, 5(2). 87-95.

Robbins, S. P. & Judge, T. A. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Saskhin, M. & Rosenbach, W. E. (2013). Organiztional cultural assessment questionnaire. International and Pan-American Copyright Conventions.

Wulandari, F. U. (2010). Perbedaan subjective well-being pada guru negeri di SMAN 1 Wonosari dengan guru swasta di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Tesis. Tidak Dipublikasikan. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.