Teknik-teknik mengurangi agresi
Abstract
Agresi adalah perilaku dengan tujuan menyakiti orang lain yang menghindari perlakuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil-hasil penelitian (literatur review) mengenai teknik-teknik untuk mengurangi agresi. Metode penelusuran google cendikia dengan menggunakan kata kunci agresi dan teknik menurunkan agresi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 teknik yang mampu mengurangi agresi, namun peneliti memilih 5 teknik untuk dikaji, yaitu: Teknik belajar sosial bandura, teknik art therapy, teknik sosiodrama, teknik outbond dan teknik anger management.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, N. H., & Utami, D. S. (2013). Efektivitas buku pelangi hatiku dalam menurunkan agresi siswa sekolah dasar. Intervensi Psikologi, 5(1), 59–74.
Ancok, D. (2002). Outbond manajemen training. Jogjakarta: UII Press
Baron, R.A & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial jilid 2 (penerjemah: Ratna Djuwita, Melania Meitty Parman, Dyah Yasmina & Lita P).Jakarta: Erlangga
Berkowitz, L. (1995). Agresi 1 sebab dan akibatnya. Terjemahan Hartati Woro Susiatni. Jakarta Binaman Pressindo.
Khotimah, H. N. (2015). Upaya mengurangi perilaku agresif melalui sosiodrama pada siswa kelas VII C SMP Negeri 14 Yogyakarta. Bimbingan Konseling.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2009) KPAI: 4:885 Kasus pelanggaran hak anak terbanyak ABH. Diunduh dari Http://www. Kpai.go.id/ berita/kpai 4-885-kasus-pelanggaran-hak-anak-terbanyak pada tanggal 8 Maret 2019
Mariana, L. (2014). Pengembangan model bimbingan kelompok dengan teknik outbond untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMK swasta kota Semarang. BK, 3(2).
Melati, A. & Tirta, S. (2017). Penerapan group art therapi dalam menurunkan reaktif pada anak-anak prasejahtera. Muara Ilmu Sosial, 2(1), 230–239.
Siddiqah, L. (2010). Pencegahan dan penanganan perilaku agresif remaja melalui pengelolaan amarah (anger management). Juni, 37(1), 50–64.
Syafrina, R., Nashori, F., & Rachmahana, R. S. (2013). Pengaruh pelatihan outbond terhadap peningkatan tim kerja guru madrasah tsanawiyah. 5(June), 1. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss1.art3
Tentama, F. (2012). Perilaku anak agresif asesmen dan intervensinya. Kesehatan Masyarakat, 6(2), 162–232.
Yoga, S. N. (2015). Pengaruh metode outbond dan minat belajar terhadap ketrampilan berbicara siswa. 2(2), 74–86.
Refbacks
- There are currently no refbacks.