Perceived organizational support sebagai faktor perilaku organizational citizenship behavior pada guru

Amin Al Adib, Erita Yuliasesti Diah Sari, Nina Zulida Situmorang

Abstract


Setiap organisasi memiliki tujuan atau visi dan misi yang ingin dicapai, tidak terkecuali sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan. Dalam mencapai sebuah tujuan, sekolah atau organisasi harus mengoptimalkan peran dari setiap bagian. Salah satunya adalah peran sumber daya manusia atau Organizational citizenship behaviour (OCB). OCB merupakan perilaku ektra-role karyawan dalam mewujudkan tercapainya tujuan organisasi yang tidak secara langsung atau eksplisit dihargai oleh sistem reward formal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran perceived organizational support (POS) dalam meningkatkan perilaku Organizational citizenship behaviour (OCB) pada guru sebagai upaya tercapainya tujuan organisasi. Analisis deskriptif digunakan sebagai metode penelitian. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa POS berkaitan positif dengan perilaku OCB guru di lingkungan pendidikan atau organisasi. Guru akan melakukan pekerjaannya dengan baik sebagai bentuk timbal balik atas dukungan ynag diberikan oleh organisasi.


Keywords


Guru; Organizational citizenship behaviour; Perceived organizational support

Full Text:

PDF

References


Budiharjo, A. (2011). Organisasi : Menuju pencapaian kinerja optimum. Jakarta: Prasetya Mulya Publishing.

Chen, C.C. (2008). Test of a mediating model linking perceived organizational support and job performance. Journal of Management, 25(3), 309-331.

Eisenberger, R.,Huntington, R., Hutchison, S., & Sowa, D. (1986). Perceived organizational support. Journal of Applied Psychology, 71, 500-507.

Husniati, R. & Pangestuti, D.C. (2018). Organizational citizenship behavior (OCB) pada pegawai UPN “Veteran” Jakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1).

Organ, D. W., Podsakoff, P. M & MacKenzie, S. B. (2006). Organizational citizenship behavior: Its nature, antecedents, and consequences. USA :Sage Publications.

Podsakoff, P.M., MacKenzie, S.B., Paine, J.B., and Bachrach, D.G. (2000). Organizational citizenship behaviors: A critical review of the theoretical and empirical literature and suggestions for future research. Journal of Management, 26(3).

Puspitasari, N.M. (2014). Pengaruh perceived organizational support terhadap prestasi kerja dengan OCB sebagai variabel pemediasi. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 8, (2).

Putra, D.S. (2013). Hubungan antara perceived organizational support dengan organizational citizenship behavior pada karyawan PT En Seval Putera Megatrading divisi transportasi cabang Sidoarjo. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 2(1).

Rhoades, L., Robert, E. (2002). Perceived organizational support: A review of the literature. Journal of Applied Psychology, 87(4).

Robbins, S. (2006). Perilaku organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Setiawan, I. A. (2012). Hubungan Antara perceived organizational support, job engagement, dan task performance, dengan organizational citizenship behavior. Jurnal Sains Managemen & Akuntansi, 4(12).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.