Hubungan antara kepercayaan diri dan dukungan orang tua dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi

Walno Walno

Abstract


Keinginan untuk mendapatkan masa depan yang gemilang menyebabkan banyaknya peserta didik yang berminat melanjutkan studi di perguruan tinggi untuk mengejar impian cita-cita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan dukungan orang tua dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada peserta didik kelas XII, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII di SMA X  sejumlah 175 siswa. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa R square sebesar 0,714 artinya variabel kepercayaan diri dan dukungan orang tua secara bersama memberikan sumbangan efektif sebesar 71,4% terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada peserta didik kelas XII. Hal ini berarti ada faktor lain sebesar 28,6% yang dapat mempengaruhi minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada peserta didik kelas XII yang tidak diukur dalam penelitian ini. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kepercayaan diri dan dukungan orang tua dengan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada peserta didik kelas XII SMA X.


Keywords


Dukungan Orang Tua; Kepercayaan Diri; Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Iswidharmanjaya, D. (2004). Satu hari menjadi lebih percaya diri. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Molinuevo. (2013). European Foundation for the Improvement of Living and Working Conditions. Diakses dari website: www.eurofound.europa.eu pada 26 Oktober 2017 pukul 19.20

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Nomor 17 Pasal 76

Renninger. (2016). Educational psychologist k. ann renninger describes the power of interest in new book. Diakses dari https://www.swarthmore.edu/news-events/educational-psychologist-k-ann-renninger-describes-power-interest-new-book. Pada 27 Oktober 2017 pukul 19.30

Sarafino, E.P. (1998). Health psychology: Biopsychosocial interactions. United States of American: John Wiley & Sonc. Inc.

Syah, M. (2017). Psikologi pendidikan dengan pendekatan abru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syah, M. (2017). Psikologi belajar. Depok: Rajawali Press

Syarafuddin, M. (2012). Hubungan antara dukungan orangtua dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri Keruak Kab. Lombok Timur. Media Bina Ilmiah, 6 (4), 1-4

Undang-undang Republik Indonesia tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Penjelasan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.