Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik

Bani Mukti, Fatwa Tentama

Abstract


Individu memiliki efikasi diri akademik yang tinggi diharapkan akan mengarahkan perilakunya untuk giat dan lebih tekun dalam aktivitas akademik, demikian juga sebaliknya indvidu yang efikasi diri akademik yang rendah rentan dengan keraguan kemampuannya  sendiri sehingga mengarahkan diri pada perilaku lain sebagai kegiatan yang menghambat performa akademis atau menurunkan prestasi akademis, bisa jadi individu akan menghindari tugas. efikasi diri akademik adalah keyakinan seseorang mampu menguasai situasi yang ia hadapi dan memberikan hasil positif. Selain itu, seseorang mampu mengarahkan motivasinya, kemampuan kognisi, dan mengambil tindakan yang dibutuhkan untuk mendukung mengerjakan tugas dan mengatasi tantangan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil-hasil penelitian (literature review) mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik pada individu. Penelusuran literatur dilakukan pada database elektronik SAGE Journals, google scholar dan academic edu dengan menggunakan kata kunci “academic self-efficacy”. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa efikasi diri akademik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi efikasi diri akademik, yaitu: Minat, Kesabaran, Resiliensi, Karakter, Motivasi belajar. sedangkan, faktor eksternal yang mempengaruhi efikasi diri akademik, yaitu Gaya kelekatan, Rasa hangat, Goal orientasi, Enactive mastery experiences, Persuasi verbal.


Keywords


Akademik; Efikasi Diri Akademik

Full Text:

PDF

References


Akademik, K., Vokasional, K. D., & Efikasi, D. A. N. (2018). Kepuasan akademik, konsep diri vokasional, dan efikasi diri akademik pada mahasiswa sekolah vokasi dalam menghadapi era disruptif teknologi. 197–206.

Alwisol. (2005). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Pres

Antara, H., Diri, E., Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2018). Mahasiswa Rantau Dari Indonesia Bagian Timur Di Semarang. 7(April), 66–79.

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 81. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.418

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191-215. http://dx.doi.org/10.1037/0033-295X.84.2.191

Chairiyati, L. R. (2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik. Humaniora, 4(2), 1125. https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3553

Haryatiningsih, Ari, 2017. (2018). Hubungan lamanya terapi arv dengan kepatuhan konsumsi obat pada anak. X(1), 31–48.

Hengerham, B.R., & Olson, M.N. (2009). Theori of learnig. Ahli bahasa: Tri Wibowo. Jakarta: Kencana

Khotimah, R., Radjah, C., & Handarini, D. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Negeri Di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p060

Kurbanoglu, S. (2003) "Self‐efficacy: a concept closely linked to information literacy and lifelong learning", Journal of Documentation, Vol. 59 Issue: 6, pp.635-646, https://doi.org/10.1108/00220410310506295

Lesmana, T. (2019). Hubungan antara academic self-concept dan academic self-efficacy dengan flow pada. https://doi.org/10.24854/jpu02019-245

Liu, Y., & Lu, Z. (2017). The Relationship Between Academic Self-Efficacy and Academic-Related Boredom: MAOA Gene as a Moderator. Youth and Society, 49(2), 254–267. https://doi.org/10.1177/0044118X14535219

Myers, D.G. (2010). Social psychology. New York: MG Graw Hill.

Oktaningrum, A., Santhoso, F. H., Psikologi, F., Gadjah, U., & Yogyakarta, M. (2018). Efikasi Diri Akademik dan Resiliensi pada Siswa SMA Berasrama di Magelang. 4(2), 127–134.

Omrod, J. E. (2008). Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh kembang. Ahli bahasa: Amitha Kumara. Jakarta: Erlangga

Prahara, S. A., & Budiyani, K. (2019). Pelatihan efikasi diri guru : efikasi diri akademik dan prestasi belajar siswa teacher

Prastihastari Wijaya, I., & Titi Pratitis, N. (2019). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orangtua Dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Dalam Perkuliahan. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14

Pratiwi, P. C., Andayani, T. R., Karyanta, N. A., Studi, P., Fakultas, P., & Maret, U. S. (n.d.). Perilaku Adiksi Game-online Ditinjau dari Efikasi Diri Akademik dan Keterampilan Sosial pada Remaja di Surakarta.

Prihastyanti, I., & Sawitri, D. R. (2018). Dukungan guru dan efikasi diri akademik pada siswa sma semesta semarang siswa, oleh karena itu guru ditugaskan untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dan potensi. 7(3), 33–46.

Rumah, D. I., & Dustira, S. (2016). Jurnal Ilmiah Psikologi Reliabel. 8(1).

Sari, R. N., & Akmal, S. Z. (2018). Hubungan gaya kelekatan dengan self-efficacy akademik siswa SMA Di Jakarta. Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 14(1), 37. https://doi.org/10.32528/ins.v14i1.1054

Sopiyah, S. (2016). Peningkatan self-efficacy pada siswa melalui konseling cognitive behavioral. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(2), 26. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i2.103

Van Dinther, M., Dochy, F., & Segers, M. (2011). Factors affecting students’ self-efficacy in higher education. Educational Research Review, 6(2), 95–108. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2010.10.003

Wibowo, S. B. (2017). Benarkah Self Esteem Mempengaruhi Prestasi Akademik? Humanitas, 13(1), 72. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3846.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.