Hardiness ayah tunggal di Magelang

Ariadona Ferry Astrada

Abstract


Tingkat perceraian sebesar 256 di Kota Magelang menimbulkan dampak terhadap peran ayah yang menjadi orang tua tunggal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dinamika psikologis hardiness pada ayah tunggal dalam menjalankan fungsi dan perannya di dalam keluarga serta faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan data primer wawancara dan studi pustaka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap lima informan yang menjadi ayah tunggal di Kota Magelang. Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang menjadi ayah tunggal pada kelima responden memiliki motif yang cenderung sama dimana para informan mengalami kekecewaan terhadap pasangannya yang telah mengkhianati kepercayaan yang diberikan oleh suami yang sibuk bekerja mencari nafkah untuk memenuhi tanggungjawabnya sebagai kepala keluarga. Aspek Hardiness yang ada dalam diri setiap responden hampir sama dimana memiliki sikap kontrol, komitmen, dan challenge dalam diri. Alasan mereka untuk menghadapi kenyataan hidup menjadi ayah tunggal mereka langsung merencanakan pemecahan masalah yang tujuannya adalah mempertahankan keberlangsungan hidup keluarga dengan menata masa depan anak-anak dengan menyekolahkan anak hingga sampai sukses.


Keywords


Ayah Tunggal; Hardiness; Kota Magelang

Full Text:

PDF

References


Cohen, B. J. (2003). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT Rineka Cita.

Diane, P. E. dkk. (2008). Human development (Psikologi Perkembangan) Bagian V s/d IX. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Duvall, E. M., & Miller, B. C. (1985). Marriage and family development (sixth edition). New York: Harper and Row.

Hartanti, E. (2017). Judul skripsi: Pola asuh orang tua single parent dalam perkembangan kepribadian anak di desa jetis kecamatan selopampang kabupaten temanggung (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).

Maddi, S. R., & Kobasa. (2005). The story of hardiness: Twenty years of theorizing, research and practice. Consulting Psychology Journal Practice and Research, 54(3), 175-185.

Maddi, S.R. (2006). Hardiness: The courage to grow from stresses. The Journal of Positive Psychology, 1(3), 160-168.

Mansur. (2005). Pendidikan anak usia dini dalam islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhidayah, S., & Hidayanti, N. (2009). Hubungan antara ketabahan dan locus of control external dengan kebermaknaan hidup pada istri yang bekerja di bagian sewing pada pt. bosaeng jaya bantar gebang bekasi. SOUL: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 62-89.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.