Dampak determinasi diri terhadap school well-being siswa: Suatu tinjauan teoritik

Fauzi Rahman, Nurul Hidayah, Mujidin Mujidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan gambaran teoritik mengenai pengaruh determinasi diri terhadap school well-being. Metode yang digunakan dalam menyusun artikel ini adalah dengan kajian kepustakaan yakni melalui teknik penghimpunan data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik artikel. Studi kepustakaan dilakukan dengan mencari sumber data teoritik determinasi diri dan school well-being berdasarkan pada penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil dari artikel menunjukkan secara teoritik school well-being dapat ditentukan oleh aspek-aspek dari determinasi diri. Secara umum, determinasi diri juga mampu menentukan kesejahteraan, terutama yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan dasar psikologis. 


Keywords


Determinasi Diri; Kesejahteraan Bersekolah; Siswa

Full Text:

PDF

References


Bornstein, M. H., Davidson, L., Keyes, C. L. M., & Moore, K. A. (2003). Dimensions of well-being and mental health in adulthood. Well-being: Positive development across the life course. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Deci, E. L. dan Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. New York: Springer Science+Business Media. DOI 10.1007/978-1-4899-2271-7.

Deci, E. L. dan Ryan, R. M. (2000). The “what” and “why” of goal pursuit: Human needs and the self determination of behavior. Department of Psychology University of Rochester.

Deci, E. L. dan Ryan, R. M. (2008). Self-determination theory: A macrotheory of human motivation, development, and health. Canadian Psychology, 49, 182–185. DOI: 10.1037/a0012801.

Hidayah, N., Pali, M., Ramli, M., & Hanurawan, F. (2016). Student well-being assessment at school. Journal of Educational, Helth, and Community Psychology, 5(1), 62-71.

Khatimah, H. (2015). Gambaran school well-being pada peserta didik program kelas akselerasi di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Psikopedagogia, 4(1), 20-30.

Konu, A., & Rimpelä, M. (2002). Well-being in schools: A conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79.

Ryan, R. M. dan Deci, E. L. (2017). Self-determination theory: Basic psychological needs in motivation, development, and wellness. New York, NY: The Guilford Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.