Model komunikasi persuasi kepala sekolah Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah

Thariq Latif Al Akbar, Nina Zulida Situmorang, Mujidin Mujidin

Abstract


Persuasi adalah termasuk bagian dari komunikasi  untuk mengupayakan tersampaikannya informasi baik itu secara lisan maupun tulisan yang bertujuan untuk mengubah keyakinan, sikap dan tingkal laku seseorang, agar mengikuti sesuai dengan apa yang diiginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi persuasi yang dilakukan pada kepemimpinan kepala sekolah Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Komunikasi persuasi merupakan keterampilan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh pemimpin dalam mengontrol banyak orang. Kepala sekolah yang melakukan komunikasi persuasi terhadap orang yang ada disekitarnya akan mampu menghadapi banyak hambatan dan masalah yang dapat terjadi di lingkungan sekolah. Oleh karena itu setiap kepala sekolah harus dapat melakukan pendekatan secara persuasif pada ranah kerjanya sehingga dapat mengontrol  dan mendapatkan efektivitas kerja yang lebih baik kepada para guru


Keywords


Komunikasi; Kepemimpinan; Persuasi

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, O. U. (2015). Dinamika komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Effendy, O.U. (2013). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Baron, R. A. & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial (Edisi 10). Jakarta: Erlangga

Irianto, W.S.G. (2016). Persuasi rasional dan daya tarik pribadi kepala sekolah dalam rangka menuju kemandirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). TEKNO, 26, 108-113.

Johnson, D.W & Johnson, F. (2012). Dinamika kelompok teori dan keterampilan. Jakarta : Permata Putri Media

Karim, S. (2014). Independen sang pendobrak. Jakarta: PT. Indomedia Global Mandiri

Maulana, H. & Gumelar, G. (2013). Psikologi komunikasi dan persuasi. Jakarta: Kademia.

Myers, D.G. (2014). Psikologi sosial (Edisi sepuluh). Jakarta: Salemba Humanika

Rakhmat, J. (2011). Psikologi komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Simorangkir, N.R., Menanti, A., & Aziz, A. (2014). Kontribusi komunikasi persuasif guru terhadap kepercayaan diri dan motivasi belajar. Jurnal Analitika, 6(2), 68-76.

Sinay, S.N. (2017). Kepemimpinan Visioner, Iklim Sekolah, Continuing Professional Development dan Kepuasan Kerja Guru SMP. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(1), 70-81.

Sugihartono, Fathiyah, K.N., Harahap, S., Setiawati, F.A., Nurhayati, S.R. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono (2014). Memahami penelitian kualitatif . Bandung: Alfabeta

Syam,W,N. (2011). Psikologi sebagai akar ilmu komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Johnson, D.W & Johnson, F. (2012). Dinamika kelompok teori dan keterampilan. Jakarta: Permata Putri Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.