Kedisiplinan, kemandirian dan kesiapan kerja (employability): Literature review

Insiyah Farihati, Khoiruddin Bashori, Fatwa Tentama

Abstract


Pendidikan adalah salah satu bentuk perwujudan dari seni dan budaya manusia yang dinamis dan syarat akan perkembangan, oleh karena itu perubahan atau perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Pendidikan mempunyai posisi yang strategis dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia, baik dalam aspek spiritual, intelektual maupun kemampuan profesional terutama dikaitkan dengan tuntutan pembangunan bangsa. Tujuan penelitian ini adalah  untuk memahami variabel kedisiplinan, kemandirian dan kesiapan kerja (employability). Penelitian ini menggunakan metode kualititatif, dengan pendekatan deskriptif analitis. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kedisiplinan dan kemandirian berpengaruh positif terhadap kesiapan kerja. Penelusuran dalam penelitian ini menggunakan database elektronik Sage Journal, ProQuest dan Science Direct.


Keywords


kedisiplinan; kemandirian; kesiapan kerja;

Full Text:

PDF

References


Aprilia, I.D. (2009). Pengembangan anak remaja tunarungu. JASSI Anakku: Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 18(2), 117-127.

Brady, R. P. (2009). Work readiness inventory administrastartor’s guide. Journalhttp://www.jist.com/shop/web/workreadiness inventory administrator guide.

Chaplin, J.P. (2006). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2007). Organizational behavior (12th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Rosita (2009). Pengaruh keterampilan belajar peserta diklat dalam mata diklat praktek kerja plumbing terhadap kesiapan kerja praktek di workshop SMKN 5 Bandung.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Jurnal Kordinat, 16(1), 31-46.

Sari, M.D.P. & Deliana, S.M. (2017). Perbedaan kemandirian remaja yang tinggal di pondok pesantren dengan yang tinggal di rumah bersama orang tua (studi komparatif pada siswa kelas 9 MTS Al Asror Semarang). Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 74-79.

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada prilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo.

Ward, V.G. & Riddle, D.I. (2004). Maximazing employment readiness. Journal PDF Education and Training, 3(6), 153-175.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.