Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak panti

Fenny Dwi Andayani, Fatwa Tentama, Mujidin Mujidin

Abstract


Anak yang diasuh di Panti Asuhan karena suatu sebab tentu akan membawa sikap Kemandirian.  Dalam penelitian yang dimaksud kemandirian adalah aktivitas pribadi yang lebih didorong oleh kemauan sendiri, pilihan sendiri dan tanggung jawab sendiri dari seorang anak Panti. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hasil-hasil penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian pada anak panti. Diharapkan melalui penelitian ini, dapat diketahui lebih mendalam mengenai kemandirian pada anak panti dan berguna untuk penelitian selanjutnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-etnograf, yaitu peneliti merangkum berbagai hasil penelitian yang relevan secara naratif dengan tujuan mengembangkan teori baru untuk melengkapi teori yang sudah ada. Kemandirian anak asuh di Panti Asuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: lingkungan, pola asuh, pendidikan, interaksi. Pihak panti telah berupaya semaksimal mungkin untuk menciptakan anak asuh yang bisa mandiri namun berbagai hambatan yang muncul selama anak dalam pengasuhan panti sehingga kurang bisa mengaplikasikan pengalaman dan keterampilan yang diberikan oleh panti asuhan.


Keywords


Anak Panti; Kemandirian; Pola Asuh

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, E., & Silalahi, B. Y. (2011). Kemandirian remaja awal eks panti sosial anak nakal marsudi putra handayani jakarta timur. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Anastasia dan Nugraheni. (2008). Hubungan antara pola asuh demokratis dengan kemandirian pada remaja. Jurnal Psikologi, 1 (1), 11-14.

Ariani, P. (2015). Upaya pembinaan kemandirian di panti asuhan untuk mempersiapkan masa depan (studi pada panti asuhan sinar melati iv) Berbah Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Arikunto. (2008). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek (ed.5). Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, S., & Sukardi. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian untuk berwiraswasta pada siswa smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 334-346.

Azwar (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Basri, H. (2000). Remaja berkualitas problematika remaja dan solusinya. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Cahyaningrum, R. (2015). Penanaman nilai-nilai tanggung jawab dan kemandiriaan anak di lingkungan panti asuhan (studi kasus di yayasan yatim Muhammadiyah Sragen Desa Kliteh, Sragen Tengah, Kabupaten Sragen). Skripsi. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Calhoun., & Acocella, J. R. (1990). Psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusiaan (terjemahan). Semarang: IKIP Semarang Press

Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: PT Rosda Karya

Faqih, A.R. (2001). Bimbingan dan konseling islam. Yogyakarta: UII Pers.

Kamil, M. (2010). Model pendidikan dan pelatihan: Konsep dan aplikasi. Bandung: Alfabet.CV.

Kharisma, N.M., & Supradewi, R (2011). Hubungan konsep diri dengan kebermaknaan hidup pada remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi, 6(2), 103-112.

Lubis, M.H. (2017). Upaya panti asuhan putra muhammadiyah dalam membina kemandirian anak di jalan amaliun cabang Medan kota. Skripsi. Sumatera: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Maknun, L. (2017). Upaya pembentukan kemandirian belajar anak yatim putri di panti asuhan aisyiyah tuntang Kabupaten Semarang. Skripsi. Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Salatiga.

Mukhlisah. (2012). Administrasi manajemen bimbingan dan konseling. Jakarta : Dwiputra Pustaka Jaya.

Musdalifah. (2007). Perkembangan sosial remaja dalam kemandirian. Jurnal Psikologi, 4, 47-48.

Mazhahiri, H. (2001). Mengasihi anak. Jakarta: PT Lentera Basri Tama.

Mu’tadin, Z. (2002). http: // www. Epsikologi. co. id. Kemandirian Sebagai Kebutuhan Dalam Remaja.

Novarisa, K. (2014). Pola pembinaan di pantiasuhan rumah yatim ar rahman Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Prayetno., & Anti, E. (1999). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purnomo, M.A. (2017). Peran pekerja sosisal dalam meningkatkan kemandirian anak jalanan melalui pelatihan melukis di UPTD Kampung anak negeri Wonorejo Surabaya. Skripsi. Surabaya: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Purwadarminta. (1996). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rakhmat, J. (2007). Psikologi komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siswanto. (2010). Systematic review sebagai metode penelitian untuk mensintesis hasil-hasil penelitian (sebuah pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 326-333.

Sriyono, H. (2016). Program bimbingan belajar untuk membantu meningkatkan kemandirian belajar siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sukardi, D.K. (2000). Pengantar pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, M. (2003). Psikologi konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Susilowati, K. (2011). Hubungan antara konformitas teman sebaya dan konsep diri dengan kemandirian pada remaja panti asuhan muhammadiyah karanganyar. Skripsi. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Sutirna. (2012). Bimbingan dan konseling: pendidikan formal, nonformal dan informal. Bandung: Andi Offset.

Tsuraya, F. H. (2017). Hubungan antara resiliensi dengan subjective well-being pada remaja panti asuhan di Kabupaten Banyumas. Skripsi. Purwokerto: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Walgito. (1995). Bimbingan dan konseling di sekolah. Yogyakarta: Andi Offiset.

Widagdo. (2016). Kemandirian belajar pada anak pantiasuhan ditinjau dari polaasuh permisif pengasuh. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang.

Zahroh. (2011). Pelaksanaan pendidikan agama islam dalam peningkatan kemandirian ibadah santri di panti asuhan al afkar Bungurasih Waru Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.