Penerapan pendidikan karakter dasar siswa SMP MIBS Kebumen

Mul-an Anafati

Abstract


Pendidikan karakter adalah usaha yang sungguh-sungguh untuk membantu orang memahami, peduli, dan bertindak berdasarkan nilai-nilai etika inti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola dan proses penanaman karakter dasar yang diterapkan di SMP MiBS Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur dan observasi terhadap subjek. Subjek penelitian ini sebanyak dua orang dan satu significant person, masing-masing subjek ada satu significant person yang mendukung data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penanaman atau pembentukan karakter dasar adalah ketidakegoisan (altruistik), kedisiplinan, dan kejujuran, di SMP MiBS telah dilaksanakan secara sistematis berkelanjutan. Beberapa faktor yang berpengaruh dalam pembentukan karakter seseorang yaitu: Faktor keturunan, Pengalaman masa kanak-kanak, Permodelan orang dewasa atau orang yang lebih tua, Pengaruh lingkungan sebaya, Lingkungan fisik dan sosial, Substansi materi di sekolah atau lembaga pendidikan lain, media masa.


Keywords


Pendidikan Karakter; Ketidakegoisan; Kedisiplinan; Kejujuran

Full Text:

PDF

References


Ramli, M. (2005). Pendampingan perkembangan anak usia dini. Jakarta: De-partemen Pendidikan Nasional.

Elkind, D. H., & Sweet, F. (2004). How to do character education. Artikel yang diterbitkan pada bulan September/Oktober.

Elmubarok, Z., & Hidayat, D. R. (2008). Membumikan pendidikan nilai: Mengumpulkan yang terserak, Menyambung yang terputus, dan Menyatukan yang Tercerai. Alfabeta.

Bohlin, K. E., Farmer, D., & Ryan, K. (2001). Building character in schools resource guide: The Jossey-Bass education series. San Francisco: Wiley.

Sudewo, E., Wisal, T. K., Setyarso, I., & Santosa, M. I. (2011). Best practice character building: menuju Indonesia lebih baik. Jakarta: Republika.

Bahri, H. (2018). Konseptual karakter pendidik pendidikan anak usia dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 145-158.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.