Faktor–faktor yang mempengaruhi employability

Dwi Setyaningsih, Fatwa Tentama, Nina Zulida Situmorang

Abstract


Abstrak

Employability merupakan salah satu hal yang penting bagi individu sebelum memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penelaahan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi employability pada individu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalh systematic review dengan pendekatan meta-etnograf. Proses pencarian hasil penelitian sebelumnya dilakukan melalui database eletronik Garuda (http://www.garuda.ristekdikti.go.id), Googleschoolar (http://www.googleschoolar.com), dan omics (https://www.omicsonline.org). Kemudian dilakulan analisis terhadap lima hasil penelitian yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa employeability dipengaruhi oleh faktor kepercayaan diri, dukungan sosial, kepuasan kerja, efikasi diri, dan career development training.


Keywords


Employability; Faktor-Faktor Employability; Sistematic Review;

Full Text:

PDF

References


Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1).

Bandura. (1997). Self-efficacy the exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.

Pool, D. L., Qualter, P., & Sewell, J. P. (2014). Exploring the factor structure of the CareerEDGE employability development profile. Education Training, 56(4), 303-313.

Goel, M., & Aggarwal, P. (2012). A comparative study of self confidence of single child and child with sibling. International Journal of Research in Social Sciences, 2(3), 89.

Kadiyono & Sulistiyobudi. (2018). Peningkatan graduate employability melalui career development training pada mahasiswa. Bandung: Universitas Padjajaran.

Kadiyono, A. L. (2018). Peningkatan graduate employability melalui career development training pada mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 999-1002.

Kusumaputri, R. Y. (2018). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kesiapan kerja siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Mahaputra, B., Riantoputra, C. D., & Respati, A. (2014). Peran employability dalam hubungan job insecurity dan kepuasan kerja. Hubs-Asia, 10(1).

Rensi, & Sugiarti, L. R. (2010). Dukungan sosial, konsep diri, dan prestasi belajar siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal Psikologi, 3(2), 148- 153.

Saputri, M. A., & Indrawati, E. S. (2011). Hubungan antara dukungan sosial dengan depresi pada lanjut usia yang tinggal di Panti Wreda Wening Wardoyo Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip, 9(1), 65-72

Siswanto, S. (2010). Systematic review sebagai metode penelitian untuk mensintesis hasil-hasil penelitian (sebuah pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4).

Siswoyo, B. B. (2009). Pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan dosen dan mahasiswa. Jurnal ekonomi bisnis, 14(2), 35-45.

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1-14.

Taylor, S. E. (2012). Health psychology. New York: McGraw-Hill

Utami, A. S., Dwityanto, A., & Psi, S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan kesiapan kerja siswa SMK (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Solo: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yuwanto, D., Mayangsari, M. D., & Anward, H. H. (2016). Hubungan efikasi diri dengan kesiapan kerja pada mahasiswa yang sedang mempersiapkan skripsi. Jurnal Ecopsy, 1(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.