Peranan dukungan sosial dan self esteem dalam meningkatkan motivasi belajar

Muhammad Zulkarnain, Erita Yuliasesti Diah Sari, Purwadi Purwadi

Abstract


Motivasi belajar merupakan unsur yang sangat penting untuk dapat ditanamkan dalam setiap individu, terlebih pada mahasiswa yang merupakan bagian dari istansi akadamik perkuliahan dan memiliki tuntutan pembelajaran yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dukungan sosial dan self-esteem dalam meningkatkan motivasi belajar mahasisiwa dengan mengkaji hasil-hasil penelitian (literature review) dengan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan tinjauan yang dilakukan terhadap penelitian yang berkaitan maka terdapat hasil bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern yaitu faktor yang bersumber dalam diri tanpa membutuhkan rangsangan dari luar, seperti minat, efikasi diri serta self-esteem, bahkan terdapat hasil self-esteem dan motivasi belajar menentukan hasil belajar, sedangkanfaktor ekstren yaitu faktor dari luar seprti dukungan sosial. Hal ini juga ditemukan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap peningkatan motivasi belajar. kesimpulan dalam penelitian ini bahwa dukungansosial dan self-esteem memiliki peranan dalam meningkatkan motivasi.


Keywords


Dukungan Sosial; Motivasi Belajar; Self Esteem

Full Text:

PDF

References


Cristina, H., & Linda. (2018). Academic buoyancy pada mahasiswa yag bekerja dan tidak bekerja di Jakarta. Jurnal Psibernetik, 11(2), 91-100. Jakarta: Program Studi Psikologi Universitas Bunda Mulia.

Darabila. S. & Yuli. A. R (2014). Hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi belajar mahasiswa universitas esa unggul. Jurnal Psikologi, 12(2), 43-47.

Dinda, A, N. (2011). Self-esteem, self-efficacy, motivasi belajar dan prestasi akademik siswa SMA pada berbagai model pembelajaran. Skripsi. Bogor: Fakultas ekologi manusia, Institut Pertanian Bogor.

Nikmarijal, N. & Ifdil. I, (2015). Urgensi peranan keluarga bagi perkembangan self-esteem remaja. Jurnal Konseling dan Pendidikan., 2(2), 19-24.

Nurmala, D., Anam, C., & Suyono, H. (2006). Studi kasus perempuan lesbian (butchy) di Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan. Humanitas; Indonesia Psychological Journal, 3,(1), 28-37.

Rajif, S. (2017). Pengaruh curiosity dan self-esteem terhadap motivasi belajar serta implikasinya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Skripsi. Bandung: Fakultas pendidikan ekonomi dan bisnis UPI

Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16-22. Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET).

Ruly. S. (2016). Hubungan self-esteem dan motivasi belajar terhadap pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dasar, 7, 311-328

Santrock. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sholiah. (2014). Pengaruh dukungan sosial terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa PGSD UMS agkatan 2012/2013. Naskah Publikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugion, (2015). Metode penelitan pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wastie R. B. T., Lidiya D & Cicilia P. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal e-Biomedik (eBm),3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.