Prestasi belajar mata pelajaran UN ditinjau dari regulasi diri, percaya diri dan motivasi berprestasi pada siswa kelas VI SD Negeri Gugus II Gondokusuman Yogyakarta

Latifah Maimunah Nastiti

Abstract


Motivasi berprestasi merupakan salah satu faktor internal yang menentukan keberhasilan studi siswa di sekolah. Siswa dengan motivasi berprestasi yang tinggi memasang target yang realistis dan memiliki inisiatif dan daya eksplorasi, sehingga memungkinkan tercapainya tujuan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar mata pelajaran UN ditinjau dari regulasi diri, percaya diri dan motivasi berprestasi pada siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD gugus II Gondokusuman Yogyakarta sejumlah 130 subjek. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini skala prestasi belajar, skala regulasi diri, skala percaya diri dan skala motivasi berprestasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar, terdapat ada hubungan yang positif antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar, Terdapat hubungan positif antara regulasi diri, kepercayaan diri, dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar.


Keywords


Motivasi Berprestasi; Percaya Diri; Prestasi Belajar; Regulasi Diri

Full Text:

PDF

References


Apranadyanti. (2010). Hubungan antara regulasi diri dengan motivasi berprestasi padasiswa kelas x smk ibu kartini semarang. Skripsi (Tidak diterbitkan). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Azwar, S. (2012). Validitas dan reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

McClelland. (1987). Human motivation. New York: Cambridge University Press.

Sarangi, C. (2015). Achievement motivation of the high school student: A case study among different communities of GoalparaDistrict of Assam. Journal of Education and Practice, 6(19), 140-145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.