Hubungan gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja guru taman kanak-kanak di Kecamatan Galur

Sartana Sartana, Fatwa Tentama, Mujidin Mujidin

Abstract


Kinerja guru Taman kanak-kanak dirasa kurang baik dan belum maksimal dalam pembuatan perencanaan pembelajaran serta kurangnya kemauan guru menciptakan pembelajaran yang variatif. Kinerja guru dapat dipengaruhi oleh Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan budaya organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi terhadap kinerja guru taman kanak-kanak di kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini mengambil lokasi di Ikatan Guru Taman kanak-kanak Indonesia (IGTKI) kecamatan Galur dengan jumlah populasi 85. Metode pengumpulan data menggunakan skala kinerja guru, kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi dengan kinerja guru. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada peran positif kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi dengan kinerja guru, semakin tinggi kepemimpinan transformasional dan budaya organisasi, maka semakin tinggi pula kinerja guru, dan semakin rendah kepemimpinan transformasional dan budaya organisai maka semakin rendah pula kinerja guru.


Keywords


Budaya Organisasi; Kepemimpinan Transformasional; Kinerja Guru;

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Carudin. (2011). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan iklim kerja sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan, 2(1), 229-245.

Daryanto & Rachmawati, T. (2013). Penilaian kinerja profesi guru dan angka kreditnya. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2005). Peraturan pemerintah republik indonesia no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Inayatillah, S. (2016). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru di ma miftahul huda dan ma fathan mubina. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 23-31.

Kotter, J. and Heskett, L. (1992). Corporate culture and performance. New York: The Free Press. A Division of Mac Millan Inc.

Nuraisyah, S. (2014). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi kerja guru terhadap guru pada SMP Negeri di Kecamatan Pandan Tapanuli Tengah Sumatera Utara. Jurnal Bisnis dan Managemen Ekskutif, 1(1), 1-13.

Yulk, G. (2017). Kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: PT Indeks.

Yamin, M. (2006). Standarisasi kinerja guru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zakharia, F. (2014). Pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMP Yadika 3 Tangerang. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 3(1), 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.