Hubungan locus of control internal dan interaksi teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik mengerjakan tugas pada siswa

Villy Mayang Sari

Abstract


Pada saat ini, banyak pelajar yang menghabiskan waktu untuk mencari hiburan daripada menyelesaikan tugas akademik. Hal tersebut bisa dilihat dari kebiasaan jalan – jalan di mall, main game online, nongkrong dengan teman – teman yang mengakibatkan tugas – tugas terbengkalai dan tidak selesai tepat waktu, serta hasil yang diperoleh juga tidak maksimal. Kebiasaan menunda – nunda terutama dalam menyelesaikan tugas akademik disebut dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara locus of control internal dan interaksi teman sebaya terhadap prokrastinasi mengerjakan tugas pada siswa.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 di SMA 1 Negeri Depok Yogyakarta, sampel dalam penelitia ini sebanyak 100 siswa dan siswi terdiri dari siswa laki-laki dan siswi perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga skala psikologi, yaitu skala locus of control, skala interaksi teman sebaya dan skala prokrastinasi akademik yang disusun sendiri oleh peneliti. skala locus of control disusun berdasarkan skala interaksi teman sebaya disusun berdasarkan tipe dukungan sosial yang meliputi dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan informasi, dan dukungan persahabatan. sedangkan skala prokrastinasi akademik disusun berdasarkan aspek-aspek prokrastinasi akademik meliputi penundaan untuk memulai dan menyelesaikan tugas, keterlambatan dalam mengerjakan tugas, kesenjangan antara rencana dan kinerja aktual, dan melakukan aktivitas lain selain mengerjakan tugas. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat hubungan yang negatif dan sangat signifikan antara locus of control dengan prokrastinasi mengerjakan tugas dengan nilai signifikasi 0,001 (p<0,01) dan koefisien korelasi sebsar 0,220 yang dikategorikan dalam tingkat hubungan yang rendah, (2) Terdapat hubungan yang negatif dan sangat signifikan antara dukungan teman sebaya terhadap prokrastinasi mengerjakan tugas  dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 (p<0,01) dan koefisien korelasi sbesar 0,197 yang dikategorikan dalam tingkat hubungan yang sangat rendah.


Keywords


interaksi teman sebaya; locus of control; prokrastinasi; siswa

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2010). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2004). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offeset.

Breet, L., Chris, M., & Marie, P. (2010). The relationship between the perception of own locus of control and regression of adolescent boys. South African Juornal of Education, 30, 511-526

Forte, A. (2005). Locus of control and the moral reasoning of managers. Journal of Bussines Ethics, 58, 65-77.

Ghufron, N.M. & Rini R.S. (2010). Teori-teori psikologi. Yogyakata: Ar-Ruzz Media.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Monks, F.J. dkk. (2006). Psikologi perkembangan pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Muhid, A. (2010). hubungan self control dan self efficacy dengan prokrastinasi akademik; Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Paramedia, 7(3).

Wirartha, I. M. (2006). Pedoman penulisan usulan penelitian, skripsi dan tesis. Yogyakarta: Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.