Konsep manajemen kelas untuk pembelajaran yang kondusif

Edo Lestari, Yuzarion Yuzarion

Abstract


Manajemen kelas merupakan salah satu ketrampilan yang wajib dimiliki oleh setiap guru. Hal ini dikarenakan kondusifitas kelas hanya akan tercapai dengan pengaplikasian manajemen kelas secara baik. Kondusifitas kelas itu sendiri merupakan aspek terpenting untuk terselenggaranya pembelajaran yang efektif, efisien, dan menyenangkan.  Metode penelitian dalam penelitian ini adalah literatur review. Dalam literature review ini peneliti tidak hanya membaca literatur, tetapi juga melakukan evaluasi yang mendalam dan kritis tentang penelitian sebelumnya pada suatu topik. Tujuanya peneliti adalah untuk melakukan pengkajian secara mendalam untuk menjelaskan bagaimana manajemen kelas yang kondusif untuk pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek-aspek yang harus diperhatikan dan dipahami guru dalam manajemen kelas adalah sebagai berikut; 1) Mendesain lingkungan fisik kelas (pengaturan tempat duduk, visualisasi), 2) Menciptakan lingkungan yang positif untuk belajar (sikap adil, sayang terhadap siswa, positif thinking), 3) Menjadi komunikator yang baik (lemah lembut, berkomunikasi sesuai dengan kadar intelektual siswa, komunikasi dengan bahasa yang sederhana, membantah dengan cara yang baik, dan 4) Kemampuan dalam menyelesaikan masalah.


Keywords


Manajemen Kelas; Kondusif; Literature Review;

Full Text:

pdf

References


Arikunto. (2000). Pengelolaan kelas dan siswa. Jakarta: Rajawali Pers.

Delceva, J., Dizdarevik, Cyril, S., & Methodius. (2014). Classroom management. (IJCRSEE) International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education, 51-56.

Djamarah, B. S. (2005). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Reneka Cipta.

Emmer, E. T., & Stough, L. M. (2001). Classroom management: A critical part of educational psychology, with implication for teacher education. Educational Psychologist. 103-112.

Fathurrahman. (2007). Strategi belajar mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Goh, S. C., & Khine, M. S. (2002). Studies in education environment: An international perspektif. Singapura. Word Saintific Publishing.

Hendriati, H. A. (2017). Kemampuan Manajemen kelas guru: Penelitian Tindakan di sekolah dasar dengan SES rendah. Jurnal Psikologi, 89-104.

Mursalin., & Nurmasyitoh. (2017). Peran guru dalam pelaksanaan manajemen kelas di gugus bungong seulanga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 105-114.

Ratcliff, N.J., Jones, C.R., Costner, R.H., Savage-Davis, E., Sheehan, H., & Hunt, G.H. (2011). Teacher classroom management behaviors and student time-on-task: Implications for teacher education. Action in Teacher Education, 32, 38-51.

Saádiyah, C., & Sukayati. (2011). Pengelolaan kelas dan penerapannya dalam pembelajaran matematika di SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Santrock, J. W. (2017). Psikologi pendidikan (Edisi kedua). Jakarta: Kencana.

Wiyani. (2013). Manajemen kelas: Teori dan aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.