Kartu kata bergambar meningkatkan kemampuan bahasa anak

Sukemi Sukemi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui media kartu kata bergambar. Subjek penelitian adalah yang berjumlah 30 anak. Metode pengumpulan data menggunakan eksperimen. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Beberapa data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data hasil prestasi kemampuan fisik/motorik anak dan data eksperimen aktivitas guru dan anak terhadap penerapan media kartu kata bergambar dalam upaya pengembangan kemampuan berbahasa anak. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa penerapan kemampuan berbahasa anak melalui media kartu kata bergambar.

Keywords


Anak; Kemampuan berbahasa; Media kartu kata bergambar;

Full Text:

PDF

References


S. Sadiman. (2003). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bambang Sujiono. (2008). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Bogdan dan Taylor. (2012). Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan

Kualitatif. (him. 4). Jakarta: Rineka Cipta.

Nasional, D. P. (2000). Permainan Membaca dan Menulis di Taman Kanak-Kanak. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Nasional, K. P. (2010). Kurikulum Taman kanak-kanak (Pedoman Pengembangan program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak). Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Gu, L. (2015). Language ability of young English language learners: Definition, configuration, and implications. Language Testing, 32(1), 21-38.

Nana Sudjana. (2003). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Sadiman, Arief (2010). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.