Hubungan Kematangan Emosi dengan Penyesuaian Diri pada Siswa

Melinda Adhilasari Miyanti, Ismiradewi Ismiradewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Ma’had An Nur Bantul, Yogyakarta. Jumlah subjek yang diambil pada penelitian ini sebanyak 115 siswa. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah meode kuantitatif, alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kematangan emosi dan skala penyesuaian diri. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tidak ada hubungan yang signifikan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri, ditunjukkan dengan nilai r = 0,180 dengan p=0,055 (p>0,05) Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian diri siswa MTs Al Ma’had An Nur Bantul, Yogyakarta.

Keywords


Kematangan Emosi, Penyesuaian Diri, Remaja

Full Text:

PDF

References


Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Ali, M., Asrori, M. (2015). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Bumi Aksara.

Azizah & Hidayati. (2015). Penyesuaian Sosial Dan School Well-Being: Studi pada Siswa Pondok Pesantren yang Bersekolah di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto. Jurnal Empati, Vol 4(4).

Ghufron, M.N & Risnawati, R. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Himmah, L & Desiningrum, D.R. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dan penyesuaian diri pada santri pondok pesantren remaja jekas VII Askhabul Kahfi. Jurnal Empati, Vol 7 (3).

Hurlock, E. B. (2003) Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Hurlock, E.B. (2008). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Press.

Maslihah, S. (2011). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Vol, 10 (2).

Mu’tadin, Z. (2002). Penyesuaian Diri Remaja. PT. Elek Media Komputindo.

Pritaningrum, M & Wiwin, H. (2013). Penyesuaian Diri Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik pada Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, Vol 2 (3).

Sarwono, S. W. 2012. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Semium, Y. (2006). Kesehatan Mental. Yogyakarta: Kanisius.

Soeparwoto. (2004). Psikologi Perkembangan. Semarang: UPT MKK UNNES

Syafe’I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8 (I).

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Willis, S. (2017). Remaja & Masalahnya. Bandung: Alfabeta

Yusuf, S. 2014. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.