Sustainable Behavior: Perspektif Warga Sekolah yang Rawan Banjir di Bogor pada Masa Pandemi Covid-19

Ayu Meryka Santoso, Een Rohaeni, Ahmad Muhammad Diponegoro, Unggul Haryanto Nur Utomo

Abstract


Indonesia seringkali dihadapkan dengan permasalahan banjir yang disebabkan oleh
penumpukan sampah di berbagai tempat sehingga menyebabkan proses belajar menjadi
terganggu, terlebih di sekolah yang dekat dengan aliran sungai. Oleh karena itu, dibutuhkan
adanya perilaku yang berkesinambungan (sustainable behavior) dalam menjaga kelestarian
lingkungan alam, terlebih di situasi pandemi Covid-19 saat ini yang menuntut adanya pola
hidup bersih. Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan membuang sampah
pada tempatnya, menanam pohon, serta memanen air hujan sebagai wujud memanfaatkan
potensi alam untuk kebutuhan hidup dan kelestarian lingkungan, sekaligus mengurangi banjir
dan penyebaran virus penyakit yang ditimbulkan akibat banjir. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui sustainable behavior dalam perspektif warga sekolah yang rawan banjir di Bogor
pada masa pandemi COVID-19. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Subjek penelitian sebanyak dua orang warga Sekolah SD Daar el Salam, Bogor
yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner
wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warga Sekolah SD Daar el Salam
memiliki pemahaman yang baik mengenai sustainable behavior sebagai wujud kepedulian
terhadap alam dan melakukan tindakan nyata dalam menjaga kelestarian alam dan mengatasi
banjir di sekolah.


Keywords


Kata Kunci: Banjir, Sustainable Behavior, Warga Sekolah Dasar El Salam-Bogor

Full Text:

PDF

References


Al Qurán Al’Alim dan Terjemahannya. (2010). Bandung: Al Mizan Publishing House.

An-Nawawi. (2015). Riyadhus Shalihin. Sukoharjo: Al-Andalus.

Bahri, S. & Syafriati, T. (2011). Mewaspadai Munculnya Beberapa Penyakit Hewan

Menular Strategis di Indonesia Terkait dengan Pemanasan Global dan Perubahan

Iklim. WARTAZOA, 21(1) 25-39.

Berutu, S.A. (2020). Banjir Rusak Buku-Komputer Sekolah di Vila Nusa Indah Bogor.

Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4848705/banjir-rusak-bukukomputer-

sekolah-di-vila-nusa-indah-bogor. Accessed in 31/10/2021, 3:13 PM.

Diponegoro, A.M., Khasanah, I. N., Salma, N., Perceka, M. Z., Murti, V. S.,

Vallyzsanta, Y., Irmawati, Y. & Larasati, P. (2020). The Resilience of Recovered

Covid-19 Patients. International Conference of Psychology, Vol. 2020, KnE

Social Sciences, pages 386–392. DOI 10.18502/kss.v4i15.8227

PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

ISSN: 2715-7121

September 16, 2020, Hal. 1-7

September 16, 2020

Desa, A., Kadir, N. B. A. & Yusooff, F. (2012). Environmental awareness and

education: A key approach to solid waste management (SWM) – A case study of a

University in Malaysia. In L. F. M. Rebellon (Eds.). Waste management – An

integrated vision, pp. 101-112. IntechOpen. https://doi.org/10.5772/48169.

Fatisa, Y. & Kurniawati, Y. (2017). Potensi Mikroorganisme Tanah Sebagai

Mikroorganisme Pengurai Limbah Plastik Pada Tanah Gambut Sebagai Sumber

Belajar Materi Polimer SMA. Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan, 1(1), 105.

DOI: 10.24014/konfigurasi.v1i1.4063.

Fonlem, C.T., Verdugo, V.C., Sing, B.F. & Ramos, M.F.D. (2013). Assessing

Sustainable Behavior and its Correlates: A Measure of Pro-Ecological, Frugal,

Altruistic and Equitable Actions. Sustainability, 5, 711-723.

DOI:10.3390/su5020711.

Hidayati, N., Taruna, T. & Purnaweni, H. (2013). Mengimplementasikan Program

Adiwiyata: Studi di SMK Negeri 2 Semarang. Prosiding Seminar Nasional

Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, 149-154.

Indriatmoko, R. H. & Rahardjo, N. (2015). Kajian Pendahuluan Sistem Pemanfaatan

Air Hujan. Jurnal Air Indonesia, 8(1).

Karak, T., Baghat, R. & Bhattacharyya, P. (2012). Municipal solid waste generation,

composition, and management: The world scenario. Critical Reviews in

Environmetal Science and Technology, 42(15), 1509-1630.

https://doi.org/10.1080/10643389.2011.569871.

Khafid, S. (2019). People of Mandalika Lombok recieve waste managenent training.

Retrieved from https://en.tempo.co/read/1181146/people-of-mandalika-lombokreceive-

waste-management-training.

Lestari, E. & Pamuji, B. (2018). Perencanaan Teknologi Pemanenan Air Hujan Sebagai

Sumber Air Bersih pada Masjid Agung Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal

Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 1(2).

DOI: 10.24912/jmstkik.v1i2.988.

Lickona, T. (2013). Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat

Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta:

Bumi Aksara.

Lusnita N. (2019). Program Pengurangan Sampah Plastik Melalui Kebijakan

KantongPlastik Berbayar di Ritel Modern. Journal of Servite, Vol. 1, No.1, p 012

– 024. ISSN: 2714-5220 (cetak). Retrieved from

http://journal.lspr.edu/index.php/servite/index.

PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

ISSN: 2715-7121

September 16, 2020, Hal. 1-7

September 16, 2020

Moreira, P.A.S., Sofia Ramalho, S. & Inman, R.A. (2020). The

Engagement/Disengagement in Sustainable Development Inventory (EDiSDI):

Psychometric Properties and Validity-Based Studies. European Journal of

Psychological Assessment. http://dx.doi.org/10.1027/1015-5759/.

Nefilinda, Suryani, A. I., Rianto, S. & Zuriyani, E. (2020). Sosialisasi Mitigasi Bencana

Banjir Melalui Penanaman Pohon di Kenagarian Sungai Durian Kabupaten

Padang Pariaman. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, Vol. 7, No. 1.

Putri, S.U. & Nikawanti, G. (2017). Pengenalan Green Behavior melalui Ecoliteracy

Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 8, No. 2.

Rofil & Maryono. (2017). Potensi dan Multifungsi Rainwater Harvesting (Pemanenan

Air Hujan) di Sekolah bagi Infrastruktur Perkotaan. Proceeding Biology

Education Conference, Vol. 14 (1), 247-251. p-ISSN:2528-5742.

Sanjaya, R. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang:

Universitas Katolik Soegijapranata.

Sari, R.P. (2019). Wawasan Kebersihan Lingkungan & Keberagamaan; Praktik

Kebersihan Lingkungan pada Civitas Akademika UIN Imam Bonjol Padang.

Indonesian Journal of Religion and Society, Vol. 1 (1), 80-92.

Sya’ban, M. A. (2017). Tinjauan Mata Pelajaran IPS SMP Pada Penerapan Pendidikan

Lingkungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan. Jurnal

Hukum & Pembangunan, 18(6), 550.

https://doi.org/10.21143/jhp.vol18.no6.1285.

Societatis, L. (2016). Kajian Hukum Dampak Pemanasan Global Ditinjau dari Hukum

Lingkungan Internasional. ISSN: 2337-9758. Retrieved from

https://www.mendeley.com/catalogue/410efe88-0236-36f2-88b4-344f53fffa74/.

Accessed in 16/01/2021, 22:47.

Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Sikap

Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal

Pendidikan Geografi, Vol. 16, No. 1, pp. 44-55.

Verdugo, V. C. (2012). The Positive Psychology of Sustainability. Environment,

Development and Sustainability A Multidisciplinary Approach to the Theory and

Practice of Sustainable Development. DOI 10.1007/s10668-012-9346-8.

World Health Organization. (2019). Coronavirus. Retrieved from World Health

Organization: Retrieved from https://www.who.int/healthtopics/coronavirus.

Widiyani, R. (2020). Latar Belakang Virus Corona, Perkembangan hingga Isu Terkini.

Retrieved from detikNews: https://news.detik.com/berita/d4943950/latarbelakang-

virus-coronaperkembangan-hingga-isu-terkini.

Zhao, H., Zhang, H., Xu, Y., Lu, J. & He, W. (2018). Relation Between Awe and

Environmentalism: The Role of Social Dominance Orientation. Original Research.

DOI: 10.3389/fpsyg.2018.02367.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.