Development of E-unit for Self Learning Activities (UKBM) Based on a STEM Approach with PBL Model on Virus Materials for 10th Grade
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Permansah, S. & Murwaningsih, T. (2018). Media pembelajaran digital: Kajian literatur tentang dampak penggunaan media pembelajaran digital di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(2), 72-76. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/27906
Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada konsep monera berbasis smartphone android. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38–47. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2555
Majid, M.I. & Linuwih, S. (2019). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) materi usaha dan energi berbasis pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Unnes Physics Education Journal, 8(3), 229-238. https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35619
Setyo, A.A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. Strategi pembelajaran problem based learning. (Yayasan Barcode, 2020).
Khairiyah, N. Pendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM). (Guepedia, 2019).
Mulyani, T. (2019). Pendekatan pembelajaran STEM untuk menghadapi revolusi industry 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1), 453-460. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/325
Khuzaimah, S. (2020). Analisis penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada mata pelajaran biologi siswa kelas X MIA di MAN 1 Blitar [Skripsi]. UIN SATU Tulungagung Institutional Repository. http://repo.uinsatu.ac.id/20039/
Madiya, I.W. (2020). Pengembangan aplikasi e-UKBM kimia sebagai media pembelajaran interaktif siswa kelas XI SMAN Bali Mandara. Indonesia Journal of Educational Development, 1(2), 142-158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003785
Ardiansyah, H., Riswanda, J., & Armanda, F. (2021). Pengaruh model PBL dengan pendekatan STEM terhadap kompetensi kognitif peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA/MA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 46-51. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i1.9507
Dwipayanti, N.K.I., Citrawathi, D.M., & Julyasih, K.S.M. (2020). Pengembangan unit kegiatan belajar mandiri berbasis pendekatan STEM pada materi sistem respirasi dengan berbantuan edmodo untuk kelas XI MIPA di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 7(2), 81-93. https://doi.org/10.23887/jjpb.v7i2
Arikunto, S. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. (Rineka Cipta, 2013).
Hanum, L. Perencanaan pembelajaran. (Syiah Kuala University Press, 2017).
Hamid, A. Penyusunan tes tertulis (paper and pencil test). (Uwais Inspirasi Indonesia, 2019).
Yuniastuti, M., & Khoiron, M. Media pembelajaran untuk generasi milenial. (Scopindo, 2021).
Mukhlason, M., Degeng, I.N.S., & Sihkabuden. Pengaruh strategi pembelajaran (peta konsep dan rangkuman) dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pembelajaran sejarah. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 2, 280-291 (2015). http://dx.doi.org/10.17977/um031v2i12015p280
Lismaya, L. Berpikir kritis & PBL. (Media Sahabat Cendekia, 2019).
Purba, A., Asnewastri, Gultom, S., Girsang, S.E.E., Sinaga, D.P., Saragih, R., Tansliova, L., Hulu, I.L., Nasution, T.A., Huda, M.K., Sitopu, J.W., Marini, N., & Ginting, A.M. Pengajar profesional. (Yayasan Kita Menulis, 2021).
Krissandi, A.D.S., Sudigdo, A., & Nugraha. A.S. Model pembelajaran inovatif dan soal berbasis AKM jenjang SMA. (Kanisius, 2022).
Sani, R.A. Pembelajaran berorientasi AKM. (Bumi Aksara, 2021).
Simarmata, D.H. Pendidikan karakter melalui metode refleksi. Jurnal Pendidikan Penabur, 31, 72-82 (2018). https://bpkpenabur.or.id/media/g0kmjnhq/hal-72-82-pendidikan-karakter-melalui-metode.pdf
Mais, A. Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus. (Pustaka Abadi, 2016).
Surjono, H.D. Multimedia pembelajaran interaktif. (UNY Press, 2017).
Fauziyah, A., Jalmo, T., & Surbakti, A. Analisis kesesuaian materi virus pada buku teks dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Jurnal Bioterdidik, 6, 1-10 (2018). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/view/15313/11170
Nisya, K. PTK jadikan guru profesional. (Guepedia, 2019).
Nofiana, M. Kualitas penulisan butir soal ujian nasional biologi tahun 2014/2015 ditinjau dari aspek teoritik. Saintifika, 17, 13-13 (2022). http://saintifika.or.id/index.php/saintifika/article/view/106
DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.11692
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Zeaneta Maria Goreti Arnold
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Symbion organized by
Deparment of Biology Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,
Special Region of Yogyakarta, 55191