Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas

Lina Listiana, Ruspeni Daesusi, Sandha Soemantri

Abstract


Pembelajaran dan pengajaran biologi merupakan proses yang kompleks terkait permasalahannya dan keterampilan berpikir mendalam untuk memahaminya. Permasalahan sulit berkenaan dengan kehidupan adalah tantangan tersendiri mendorong siswa menjadi pemecahan masalah yang handal. Untuk itu perlu strategi pembelajaran yang membantu melatihkan siswa dalam memecahkan permasalahan. Metakognitif merupakan kegiatan mengontrol secara sadar tentang proses kognitifnya sendiri. Strategi metakognitif atau regulasi adalah proses-proses yang berfokus pada planning, monitoring, controling dan evaluation. Kemampuan melakukan perencanaan, pemantauan, control, dan evaluasi sangat penting dalam mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Siswa yang sadar atas aktivitas berpikir atau belajarnya sendiri adalah siswa yang memiliki keterampilan metakognitif. Model metakognitif merupakan model yang melibatkan kemampuan berpikir dan proses refleksi selama pembelajaran. Model metakognitif diterapkan pada pembelajaran meliputi lima komponen utama, (1) mempersiapkan dan merencanakan pembelajaran, (2) memilih dan menggunakan strategi, (3) menggunakan strategi serta melakukan pemantauan, (4) mengatur berbagai strategi, (5) mengevaluasi penggunaan strategi dan belajar. Metakognitif memegang peranan penting dalam pembelajaran, oleh sebab itu guru harus merancang pembelajaran yang mempromosikan metakognitif mulai pada kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan setelah pembelajaran. Namun demikian terdapat beberapa hambatan dalam penerapan metakognitif, baik hambatan secara umum maupun kesulitan secara khusus. Disamping itu ternyata dampak penerapan metakognitif dalam pembelajaran biologi sangat besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi yaitu kemampuan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kritis dan berpikir kreatif.


Keywords


Metakognitif; Pembelajaran; Pengajaran; Biologi

Full Text:

PDF

References


Ambrose, S.A., et al., 2010. How Learning Works: 7 Research-Based Principles for Smart Teaching. San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Anderson, N. J. 1999. Exploring Second Language Reading: Issues and Strategies. Boston: Heinle & Heinle.

Angelo, T. A. & Cross, K. P. 1993. Classroom assessment techniques: A handbook for college teachers (2nd ed.). San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Bahri, A. & Idris, Irma S., 2017. Teaching Thinking: Memberdayakan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa melalui PBLRQA (Integrasi Problem Based Learning dan Reading, Questionong, & Answering). Proceeding of National Seminar. Universitas Negeri Makasar.

Brown, A.L. 1987. Metacognition, Executive Control, Self-regulation, and Other More Mysterious Mechanisms. In F.E. Weinert & R.H. Kluwe (Eds.). Metacognition, Motivation, and Understanding (pp.65-116). Hillsdale, New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Corebima, A.D. 2010. Berdayakan Keterampilan Berpikir dan Kemampuan Metakognitif Selama Pembelajaran Sains Demi Masa Depan Kita. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Sains, Universitas Negeri Surabaya. Surabaya, 16 Januari.

Dawson, Th & Fucher, K. 2008. Metacognition and Learning Adulthood. Contemporary Education Psychology, 11, 233-236.

Flavell, J.H., 1979. Metacognition and Cognitive Monitoring: A new Area of Cognitive Developmental Inquiry. American Psychologist, 1979. 34(10): p. 906-911.

Hartman, Hope J., 2001. Metacognition in Science Teaching and Learning. Metacognition in Learning and Instruction. pp 173-201. Kluwer Academic Publisher.

Howard, J.B. 2004. Metacognitive Inqury. School of Education. Elon University.

Iskandar, Srini M. 2014. Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Erudio, Vol.2, No.2, ISSN: 2302-9021 Desember 2014.

Johnson, S. & Cooper, J. 2003. Quick thinks: Active-thinking tasks in lecture classes and televised instruction. In J. L. Cooper, P. Robinson, & D. Ball (Ed.), Small group instruction in higher education: Lessons from the past, visions for the future (pp. 122-134). Stillwater, OK: New Forums Press.

Listiana, L., Susilo, H., Suwono, H., & Suarsini, E., 2016. Empowering Students ’Meta Cognitive Skills Through New Teaching Strategy (Group Investigation Integrated With Think Talk Write) In Biology Classroom. Journal of Baltic Science Education, Vol. 15, No. 3, 2016. ISSN 1648-3898.

Livingston, J. 1997. Metacognition: an Overview. Retrieved (Online)(http://www.gse.buffalo.edu/fas/shuell/cep564/metacog.htm.

Marthan, S & Koedinger, K, 2005, Fostering the Intelligent novice: Learning from Error with Metacognitive Tutoring. Educational Psychology, 89(4), 686-695.

Millis, Barbara J. 2016. Using Metacognition to Promote Learning. IDEA Center Inc. ERIC Number: ED573671.

Mota, Ana R., Korhasan, Nilufer D., Miller, Kelly., and Mazur, Eric., 2019. Homework as a Metacognitive Tool in an Undergraduate Physics Course. Physical Review Physics education Research 15, 010136.

Pintrich, P.R., 2002. The Role of Metacognitive Knowledge in Learning, Teaching, and Assessing. Theory into Practice, 2002. 41(4): p. 219-225.

Schraw, G. and D. Moshman, 1995. Metacognitive Theories. Educational Psychology Review, 1995. 7(4): p. 351-371.

Tarricone, P., 2011. The Taxonomy of Metacognition. 2011. New York, NY: Psychology Press.

Tumbel, F.E. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperative Script Dipadu Problem Posing dan Kemampuan Akademik Siswa Terhadap Keterampilan Metakognitif, Kemampuan Berpikir dan Pemahaman Konsep Biologi pada SMA di Kota Bitung Sulawesi Utara. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: PPs Universitas Negeri Malang.

Whitebread, D., et al., 2007. Development of Metacognition and Self-Regulated Learning in YoungChildren: Role of Collaborative and Peer-Assisted Learning. Journal of Cognitive and Educational Psychology, 2007. 6(3): p. 433-455.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191