Pengaruh model problem based learning terhadap Kemampuan C1-C4 Kelas XI MIA materi sistem ekskresi manusia

Erlita Ambarwati, Destri Ratna Ma'rifah

Abstract


Penyampaian materi pada pembelajaran biologi masih didominasi dengan ceramah dilanjutkan pemberian tugas. Siswa hanya mencatat apa yang disampaikan guru dan beranggapan bahwa mata pelajaran biologi sulit dipahami sehingga hasil belajar belum mencapai KKM. Pembelajaran dengan model PBL, siswa diharapkan lebih memahami materi dan memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap kemampuan C1-C4 siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Prambanan pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Prambanan T.A 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen XI MIA 1 dan kelas kontrol XI MIA 3 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil analisis Normalized-Gain kemampuan C1-C4 dengan uji Independent sampel t-test menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan C1-C4 pada siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 1 Prambanan materi sistem ekskresi manusia.

Keywords


problem based learning (PBL); kemampuan C1-C4; sistem ekskresi manusia

Full Text:

PDF

References


Argaw, Aweke S., Haile, Beyene B., Ayelaw, Beyene T., Kuma, Shiferaw G. 2016. The

Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students Motivation and

Problem Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and

Technology Education.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2015. Panduan Penilaian untuk

Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ernawati, Henny. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil

Belajar Siswa pada Konsep Jaringan Tumbuhan. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam

Negeri Syarif Hidayatullah.

Harahap, R. F. 01 Juni, 2013. “Astaga, RI Peringkat ke 64 untuk Pendidikan.” Okezone. Hlm

Herlina, Amiruddin Kasim, dan Hartono D. Mamu. 2016. Pengaruh Model Problem Based

Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran

Biologi di Kelas XI IPA MAN 2 Model Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako.

Vol. 5, No. 1, Januari 2016, hal 11-18.

Keziah, A. 2010. A Comparative Study Of Problem Based And Lecture Based Learning

In Secondary School Students. Internationa Journal of Science and Technology

Education Research. Vol. 1(6).

Noviar, D., & Hastuti, D. W. I. R. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL)

Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA

N 2 Banguntapan T. A. 2014/2015. Jurnal Bioedukasi.Vol. 8, No. 2: 42-47.

Phumeechanya, N., & Wannapiroon, P. 2013. Development of a Ubiquitos Learning System

with Scaffolding and Problem-Based Learning Model to Enhance Problem-Solving

Skills and ICT Literacy. International Journal of e-Education, e-Business, eManagement and e-Learning, Vol.3, No. 3, June 2013.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Jogjakarta: DIVA

Press.

Sani, Ridwan Abdullah. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191