Pengembangan awetan invertebrata disertai panduan praktikum sebagai sumber belajar

Nabela Fikriyya, Sulistiyawati Sulistiyawati

Abstract


Ketersedian sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan praktikum dapat mendukung proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efeisen. Salah satunya adalah ketersediaan awetan dan panduan praktikum yang mana keduanya masih menjadi kendala di beberapa sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan awetan invertebrata dan panduan praktikum sebagai sumber belajar serta mengetahui kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian pertama berupa pengambilan sampel awetan invertebrata di Pantai Krakal, Gunungkidul, Yogyakarta dan menghasilkan 50 jenis dari 7 kelas invertebrata. Hasil penelitian dikembangkan menjadi awetan basah dan awetan kering. Penelitian ini juga mengembangkan panduan praktikum yang terdiri dari dua bagian yakni panduan praktikum untuk siswa dan untuk guru. Produk dinilai dan divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli media dan 5 peer reviewer. Instrumen penilaian produk dan respon siswa berupa lembar angket yang terdiri aspek materi, aspek penyajian panduan praktikum, aspek penyajian awetan, aspek penilaian autentik dan aspek bahasa. Uji coba terbatas dilakukan oleh 2 guru biologi dan 10 siswa MAN 2 Sleman dan MAN 4 Bantul. Kualitas awetan dan panduan praktikum menurut para ahli, peer reviewer¸ guru dan siswa masing-masing mendapatkan persentase berturut-turut 89,18%, 88,53%, 88,75% dan 84,63%. Kategori kualitas produk secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan persentase sebesar 88,17%.


Keywords


awetan invertebrata; panduan praktikum; sumber belajar

Full Text:

PDF

References


Adhayul, L.F, Purnomo. T., & Ambarwati. 2014. Pengembangan Ensiklopedia dan LKS Invertebrata Laut untuk Pembelajaran Biologi. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 3 (3): 580-588.

Anderson, R.H.,1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Arifah, I., Arif, M., & Siska, D.F. 2014. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Mengoptimalkan Hands on Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Radiasi. 5(1): 24-28.

Artasari, Y., Lestari, R., Yolanda, R. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Spesimen Moluska pada Materi Animalia Kelas X di SMA Negeri 1 Rambah Samo. Riau: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian. 1-7.

Cahyadi, W. 2009. Analisis dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan. Jakarta: Bumi aksara.

Dahuri, R. 2003. Keannekaragaman Hayati Laut. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dibyowati, L. 2009. Keanekaragaman Moluska (Bivalvia dan Gastropoda). Di Sepanjang Pantai Carita, Pandegelan, Banten. Skripsi tidak diterbitkan. Bogor: Departemen Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Insitut Pertanian Bogor.

Febriani, N., Yelianti, U., & Gardjito, G., 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Awetan Daun Untuk Mata Kuliah Struktur Tumbuhan pada Prodi Pendidikan Biologi. Prosiding Semirata. 159-163.

Fuji, M.S. 2014. Kurikulum 2013 dan Penilaian Diri. Tanggerang: Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pelita Harapan.

Hedianti, Rezki. 2015. Pengembangan Ensiklopedi Peralatan Biologi Sebagai Sumber Belajar IPA Biologi Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTS. Skripsi. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Imtihana, M.F., Putut M., & Bambang P., 2014. Pengembangan Buklet berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar materi Pencemaran Lingkungan di SMA. Journal of Biology Education. 3(2): 62-68.

Istianah, I., Widodo, J., & Prasetya, E. 2012. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Metakognisi pada Materi Permintaan dan Penawaran Kelas X SMA Negeri 3 Demak. Journal of Educational Social Studies (JESS). 1(1): 31-36.

Khamidah, N. & Aprilia, N. 2014. Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. Jupemasi-Pbio. 1: 5-8.

Khusnul, Laila. K., Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Protista Berbasis Accelerates Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual (Konsep dan Aplikasi). Bandung: PT Refika Aditama.

Light, S.F., 1941. Laboratory and Field Text in Invertebrata Zoology. Berkeley: Associated Students Store University of California.

Mega, R.K., & Soeparjitno, S. 2017. Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Pokok Invertebrata Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA di SMA Persatuan Tulangan Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 1 (3): 1-6.

Nikmah, R. & Binadja, A. 2015. Pengembangan Diktat Praktikum Berbasis Guided Discovery-Inquiry Bervisi Science, Environment, Technology and Society. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 9 (1): 1506-1516.

Novitasari, L., Guntur, T., & Yuni, S.R., 2016. Penggunaan Media Awetan pada Materi Jamur untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 1 Sekaran. Bioedu. 2(1): 6-9.

Pelczar, M. & Chan, E.C.S. 2013. Dasar-dasar Mikrobiologi. Depok: UI Press.

Prastowo, A. 2011. Panduan Keratif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusyana, A. 2013. Zoologi Invertebrata (Teori dan Praktik). Bandung: Alfabeta.

Sobirin, M., Isnawati, I & Ambarwati, R. 2013. Pengembangan Media Awetan Porifera untuk Pembelajaran Biologi Kelas X. BioEdu. 2 (1): 19-22.

Suhardi, S. 1988. Media Pendidikan Biologi Avertebrata. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Suyitno, S. 2004. Penyiapan Spesimen Awetan Objek Biologi. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Syafitri, R. dan Hamidah, A. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Koleksi Awetan Cangkang Gastropoda untuk Kelas X SMA (The Development of Media Learning Collection of Gastropods Shell Preserved for Class X in Senior High School). Biodik. 2(1): 34–42.

Trisna, A.W., Endah, S.I., & Arief, M. 2016. Inventarisasi Jenis Dan Potensi Mollusca di Zona Pasang Surut Tipe Substrat Berbatu Pantai Gatra Kabupaten Malang. Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek. 1-6.

Tuysuz, C., 2010. The Effect of the virtual laboratory on students’ achievement and attitude in chemistry. IOJES. 2(1): 37-53.

Yanu, U.A. 2010. Molluska di Pesisir Barat Perairan Selat Lembah, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Bumi Lestari. 10(1): 60-68.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191