Peningkatan kemampuan observasi siswa dengan oral dan written feedback dalam asesmen kinerja pada materi lingkungan

Widamayanti Widamayanti, Ana Ratna Wulan, Sariwulan Diana

Abstract


Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan observasi dengan umpan balik lisan (oral feedback) dan tulisan (written feedback) dalam asesmen kinerja pada pembelajaran pencemaran dan pelestarian lingkungan. Populasi penelitian adalah siswa kelas X salah satu SMA Negeri di Bandung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian mixed method. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 dalam penelitian ini diberikan penerapan oral feedback, berupa komentar dan pertanyaan secara lisan pada lembar task siswa. Sedangkan untuk kelas eksperimen 2, siswa diberikan penerapan written feedback, berupa komentar dan pertanyaan secara tertulis pada task siswa. Materi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi pencemaran dan pelestarian lingkungan, yang terdiri dari subkonsep pemanasan global dan pencemaran air. Instrumen penelitian yang digunakan, terdiri dari lembar observasi, asesmen kinerja, soal pretest dan posttest, wawancara guru, angket respon siswa, dan catatan lapangan. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa peningkatan kemampuan observasi siswa kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 berbeda secara signifikan pada pembelajaran pencemaran dan pelestarian lingkungan secara umum.

Keywords


oral feedback; written feedback; kemampuan observasi siswa; POE; pencemaran dan pelestarian lingkungan

Full Text:

PDF

References


Acikalin, F.S. 2013. Middle School Student’s Conception of Environmental Issues. International Journal of New Trends in Arts, Sports and Science Education. 2 (4): 23-27.

Black, P. & William, D. 1998. Assessment and Classroom Learning. Assessment in Education. 5 (1) : 7-74.

Black, P., Harrison, C., Lee, C., Marshall, B., & William, D. 2004. Working Inside The Black Box: Assessment for Learning in the Classroom. Phi Delta Kappan. 86 (1): 8-21.

Campbell, N. A. & Reece, J. B. 2008. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3. Jakarta: Erlangga.

Carol, B. 2002. The Concept of Formative Assessment. Practical Assessment, Research, and Evaluation. 8 (9): 1-8.

Gioka, O. 2010. Assessment for Learning in Biology Lessons. Journal of Biological Education. 41 (3): 113-116.

Higgins, R., Hartley, P., & Skelton, A. 2002. The Conscientious Consumer: Reconsidering the role of assessment feedback in student learning. Studies in Higher Education. 27 (1): 53-64.

Ivanic, R., Clark, R. & Rimmershaw, R. 2000. What am I supposed to make of this? The messages conveyed to students by tutors’ written comments, in: M.R. Lea and B. Stierer, (Eds) Student Writing in Higher Education: New Contexts. Buckingham: Open University Press.

Lizzio, A., & Wilson, K. 2008. Feedback on assessment: students’ perceptions of quality and effectiveness. Assessment and Evaluation in Higher Education. 33 (3): 263-275.

Morris, C. & Chikwa, G. 2016. Audio versus written feedback: exploring learners’ preference and the impact of feedback format on students’ academic performance. Active Learning in Higher Education. 17 (2): 125-137.

National Research Council. 1996. National Science Education Standards. Washington: National Academy Press.

Northen Illinois University. 2010. Formative and Summative Assessment. Faculty Development and Instructional Design Center facdev@niu.edu, 815.753.0595.

Rustaman, N.Y., dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sadler, D. 1989. Formative assessment and the design of instructional systems. Instructional Science. 18: 119-144.

Sriyati, S. 2007. Peran Asesmen Formatif dalam Membentuk Habits of Mind Mahasiswa. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Stiggins, R.J. 1994. Student-centered Classroom Assessment. New York: Macmillan Publishing Company.

Sulastri, Y. & Rochintaniawati, D. 2009. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Di SMPN 2 Cimalaka. Jurnal Pengajaran MIPA. 13 (1): 15-22.

Trefil, J dan Robert, M.H. 2013. Sciences Seventh Edition. Singapore: John Wiley and Sons.

Wahyuni , S. E., Sudarisman, S., & Karyanto, P. 2013. Pembelajaran biologi model poe (prediction, observation, explanation) melalui laboratorium riil dan laboratorium virtuil ditinjau dari aktivitas belajar dan kemampuan berpikir abstrak. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika. 2 (3): 40-49.

White, R. & Gunstone, R. 1992. Probing Understanding. London: The Falmer Press.

Wulan, A.R. 2009. Kemampuan Calon Guru Biologi dalam Menyusun Rubrik Analitis pada Asesmen Kinerja Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulan, A.R. 2012. Skenario Baru Bagi Implementasi Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Sains di Indonesia. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Xingcun, L. 2004. The role of biology in environmental education. Chinese Education and Society. 37 (4): 68-70.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191