Peningkatan kerja sama dan hasil belajar ranah CI-C4 siswa pada materi sistem ekskresi manusia melalui model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VIII C SMP Negeri 2 Srumbung Magelang

Yuli Kartika, Destri Ratna Ma'rifah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di kelas VIII C SMP Negeri 2 Srumbung Magelang yaitu rendahnya kerja sama dan hasil belajar kognitif siswa pada proses pembelajaran IPA Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif CI-C4 dan kerja sama siswa pada materi sistem ekskresi manusia melalui penerapan model pembelajaran STAD pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Srumbung Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Srumbung Magelang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan lembar observasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Kerja sama siswa siklus I sebesar 44,92%, meningkat menjadi 78,05% pada siklus II, dan meningkat menjadi 90,27% pada siklus III. Hasil belajar siswa dari hasil tes pada siklus I sebesar 65,21%, meningkat menjadi 83,33% pada siklus II dan meningkat menjadi 91,66% pada siklus III. Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I memiliki persentase sebesar 98,44%, pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD telah berhasil meningkatkan hasil belajar kognitif CI-C4 dan kerja sama siswa pada materi sistem ekskresi manusia dengan 2 siklus tindakan.


Keywords


student team achievement division (STAD); kerja sama siswa; hasil belajar ranah CI-C4

Full Text:

PDF

References


Apriono, D. 2011. Meningkatkan Keterampilan Kerja Sama Siswa dalam Belajar melalui Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Prospektus, IX (2).

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamdayana, Jumnata. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juneti, Yuslim Fauziah dan Arnentis. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII 2 SMPN 6 Tanah Putih Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 3, No. 2.

Maasavet, E. T. 2011. Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuri Terbimbing pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Samarinda. Jurnal Bioedukasi. Vol. 2, No. 1.

Pratiwi, I. A. 2015. Pengembangan Model Kolaborasi Jigsaw Role Playing sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Bekerja Sama Siswa Kelas V SD pada Pelajaran IPS. Jurnal Gusjigang. Vol. 1, No. 2.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana, Nana. 2013. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wati, Ida. 2016. Peningkatan Kerja Sama pada Materi Perubahan Benda Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe STAD. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. Vol. 1, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191