Analisis kebutuhan media pembelajaran pada materi evolusi untuk peserta didik SMA kelas XII

Mutiah Putri Kuvita Rani, Hendro Kusumo Eko Prasetyo Moro

Abstract


     Kurikulum 2013 diimplementasikan dengan pendekatan ilmiah memberikan tantangan tersendiri bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik. Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan dalam pembelajaran melihat dari fungsinya sebagai penyampaian informasi. Apalagi setelah dicanangkannya kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan ilmiah mencakup komponen:  mengamati, menanya, mencoba, menalar, mencipta, mengkomunikasikan. Peran media pembelajaran menjadi komponen yang harus ada demi terlaksananya pembelajaran yang aktif dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan angket dan wawancara. Objek penelitian adalah peserta didik kelas XII SMA N 1 Sumber Lawang dan MA Sunan Pandanaran sejumlah 82 peserta didik. Narasumber adalah guru biologi dan guru agama di sekolah yang sama. Hasil penelitian ini diperoleh beberapa hal yaitu: 1) Kesulitan peserta didik dalam memahami materi evolusi. 2) Peserta didik menginginkan media yang lebih inovatif dan menarik untuk memahami materi evolusi. 3) Model pembelajaran evolusi hanya menerapkan metode diskusi dan presentasi. 4) Pandangan tentang evolusi masih terpatri bahwa dengan mempelajari evolusi sama saja mempercayai manusia itu berasal dari kera sekaligus menentang ajaran agama islam. Kesimpulannya peserta didik kelas XII dari SMA N 1 Sumber Lawang dan MA Sunan Pandanaran memerlukan media cetak yang inovatif dan menarik untuk materi evolusi sebagai pendamping metode pembelajaran diskusi dan ceramah.


Keywords


analisis; kebutuhan media pembelajaran; materi evolusi; peserta didik kelas XII

Full Text:

PDF

References


Kurikulum, P., & Depdiknas, B. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia SMA dan MA. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Sadiman, Arief, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Ed. 1-15. Jakarta: Rajagrafindao Persada.

Sudarisman, S. 2015. Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Sukmadinata, S. N. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jogjakarta: Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191