Literasi informasi dalam konteks 21st century skills pada siswa sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Banyumas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfarisy, A., & Yanuar, Prasetyawan, Y., 2015. Dampak Program Jadwal Kunjung Perpustakaan Terhadap Kemampuan Literasi Informasi Siswa Di Gandhi Memorial International School Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan.
Apriyani, Mega. 2010. Literasi Informasi Pemustaka : Studi Kasus Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya. Universitas Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Citpta..
Djamarin, M. 2016. Pengemasan Informasi. 1–11. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/253/1/Makalah paket informasi.pdf
Dwikoranto, D. 2011. Aplikasi Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif, Afektif Dan Sosial Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), 40. https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n2.p40-49
Faradina, N. 2017. Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280/8962
Fauziah, Gina & Lestari, Ambar W. 2018. Pembudayaan Gerakan Literasi Informasi Siswa Tingkat Sekolah Dasar Di Tangerang Selatan. Jurnal. Universitas Pamulang.
Jonner, H. 2008. Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Jonner Hasugian Program Studi Ilmu Perpustakaan. Pustaha : Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 34–44.
Mahanal, Susriyati. Avila, Shila & Zubaidah, Siti. 2018. Potensi Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Mapcooperative Script (Remap-Cs) Dan Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Universitas Negeri Malang.
Muhajang, Tatang & Pangestika, Desiria M. 2018. Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Universitas Pakuan.
Mutmainna, Ferawati. 2015. Komparasi Hasil Belajar Fisika melalui Metode Discovery Learning dan Assignment And Recitation. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 46–51.
Murti, D. P., & Winoto, Y. 2018. Hubungan Antara Kemampuan Literasi Informasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sman 1 Cibinong Kabupaten Bogor. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–5. Retrieved from
Muskania, Tesy Rickha & Wilujeng, Insih. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkan Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.
Nurohman Alatalo, T., Meier, J., & Frank, E InforAkhan, N. E., & Altıkulaç, A. 2014. Social Studies Teaching Department Freshmen’s Views on Social Studies Teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 2903–2908. https://doi.org/10.101, A. (2014). Signifikansi Literasi Informasi (Information Literacy) dalam Dunia Pendidikan di Era Global. Jurnal Kependidikan, II (1), 1–25. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=402347&val=8816&title=SIGNIFIKA
Patiung, D. 2016. Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854
Pattah, Sitti Husaebah. 2014. Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah. 2(2): halaman 117-128. Tersedia [Online]: 92 http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al hikmah/article/download/146/112
Reza, Yaumi M. 2012. Deskripsi Literasi Informasi Pada Siswa SMA International Baccalaureate (IB) Program Diploma di Cita Hati Surabaya. Jurnal Pendidikan. Universitas Airlangga.
Saleh, A. R. 2017. Disusun oleh : Abdul Rahman Saleh Jan G. Sujana Irma Elvina PERPUSTAKAAN.
Silvana, H., & Darmawan, C. 2018. Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327
Subali, Bambang. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Trilling, Bernie and Fadel, Charles. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. United States of America: John Wiley & Sons
Wicaksono, Arief. 2016. Profil Literasi Informasi Pustakawan Indonesia. Jurnal Perpustakaan dan Informasi. Universitas Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3526
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Symbion
Symbion organized by
Deparment of Biology Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,
Special Region of Yogyakarta, 55191