Literasi informasi dalam konteks 21st century skills pada siswa sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Banyumas

Rita Riyanti, Listika Yusi Risnani

Abstract


Pembelajaran abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki tiga keterampilan pokok salah satunya adalah information media and technology skills. Keterampilan information media and technology skills terdiri dari tiga aspek utama salah satunya literasi informasi. Literasi informasi diartikan sebagai kemelekan terhadap informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur literasi informasi yang dikuasai oleh siswa SMA di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode survei yaitu survei sampel. Penelitian dilaksanakan mulai bulan Februari - Juli 2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified random sampling dengan jumlah sampel siswa sebanyak 392 yang terdiri dari 315 siswa SMA Negeri dan 77 siswa SMA Swasta. Tempat pengambilan sampel di SMAS Muhammadiyah 1 Purwokerto, SMAS Bruderan Purwokerto, SMAS Ma’arif NU 1 Sokaraja, SMA N 1 Ajibarang dan SMA N 4 Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan lembar wawancara. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengukuran literasi informasi memperoleh nilai rata- rata sebesar 67,3 (baik) pada hasil tes dan skor rata- rata sebesar 3,75 (baik) pada hasil angket. Adapun rinciannya yaitu kemampuan mengakses informasi dengan nilai rata- rata 67,7 (baik) pada hasil tes dan  skor rata- rata 3,80 (baik) pada hasil angket, kemampuan mengevaluasi informasi dengan nilai rata- rata nilai 65,7 (cukup) pada hasil tes dan skor rata- rata 3,63 (baik) pada hasil angket, kemampuan menggunakan informasi dengan nilai rata- rata 72,3 (baik) pada hasil tes dan skor rata- rata 3,71 (baik) pada hasil angket, kemampuan mengelola informasi dengan nilai rata- rata 61,8 (cukup) pada hasil tes dan skor rata- rata 3,58 (baik) pada hasil angket dan kemampuan pemahaman etika informasi dengan nilai rata- rata 70,1 (baik) pada hasil tes dan skor rata- rata 4,03 (baik) pada hasil angket. Hasil wawancara menunjukan bahwa siswa memiliki penguasaan literasi informasi yang baik dengan kisaran 58-83%. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa literasi informasi siswa SMA di Kabupaten Banyumas dalam kategori cukup hingga baik.

Keywords


Literasi Informasi; Pendidikan abad 21; Siswa SMA Kabupaten Banyumas

Full Text:

PDF

References


Alfarisy, A., & Yanuar, Prasetyawan, Y., 2015. Dampak Program Jadwal Kunjung Perpustakaan Terhadap Kemampuan Literasi Informasi Siswa Di Gandhi Memorial International School Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan.

Apriyani, Mega. 2010. Literasi Informasi Pemustaka : Studi Kasus Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Pengetahuan Budaya. Universitas Indonesia.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar- Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Citpta..

Djamarin, M. 2016. Pengemasan Informasi. 1–11. Retrieved from http://repository.unp.ac.id/253/1/Makalah paket informasi.pdf

Dwikoranto, D. 2011. Aplikasi Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif, Afektif Dan Sosial Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), 40. https://doi.org/10.26740/jpfa.v1n2.p40-49

Faradina, N. 2017. Pengaruh program gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa di SD Islam Terpadu Muhammadiyah An-Najah Jatinom Klaten. Hanata Widya, 6(8), 60–69. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280/8962

Fauziah, Gina & Lestari, Ambar W. 2018. Pembudayaan Gerakan Literasi Informasi Siswa Tingkat Sekolah Dasar Di Tangerang Selatan. Jurnal. Universitas Pamulang.

Jonner, H. 2008. Urgensi Literasi Informasi dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi di Perguruan Tinggi Jonner Hasugian Program Studi Ilmu Perpustakaan. Pustaha : Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 34–44.

Mahanal, Susriyati. Avila, Shila & Zubaidah, Siti. 2018. Potensi Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading-Concept Mapcooperative Script (Remap-Cs) Dan Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sma Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. Universitas Negeri Malang.

Muhajang, Tatang & Pangestika, Desiria M. 2018. Pengaruh Literasi Informasi Terhadap Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Universitas Pakuan.

Mutmainna, Ferawati. 2015. Komparasi Hasil Belajar Fisika melalui Metode Discovery Learning dan Assignment And Recitation. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 46–51.

Murti, D. P., & Winoto, Y. 2018. Hubungan Antara Kemampuan Literasi Informasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sman 1 Cibinong Kabupaten Bogor. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–5. Retrieved from

Muskania, Tesy Rickha & Wilujeng, Insih. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project-Based Learning Untuk Membekali Foundational Knowledge Dan Meningkatkan Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Nurohman Alatalo, T., Meier, J., & Frank, E InforAkhan, N. E., & Altıkulaç, A. 2014. Social Studies Teaching Department Freshmen’s Views on Social Studies Teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 2903–2908. https://doi.org/10.101, A. (2014). Signifikansi Literasi Informasi (Information Literacy) dalam Dunia Pendidikan di Era Global. Jurnal Kependidikan, II (1), 1–25. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=402347&val=8816&title=SIGNIFIKA

Patiung, D. 2016. Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Pattah, Sitti Husaebah. 2014. Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah. 2(2): halaman 117-128. Tersedia [Online]: 92 http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/khizanah-al hikmah/article/download/146/112

Reza, Yaumi M. 2012. Deskripsi Literasi Informasi Pada Siswa SMA International Baccalaureate (IB) Program Diploma di Cita Hati Surabaya. Jurnal Pendidikan. Universitas Airlangga.

Saleh, A. R. 2017. Disusun oleh : Abdul Rahman Saleh Jan G. Sujana Irma Elvina PERPUSTAKAAN.

Silvana, H., & Darmawan, C. 2018. Pendidikan Literasi Digital Di Kalangan Usia Muda Di Kota Bandung. Pedagogia, 16(2), 146. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i2.11327

Subali, Bambang. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. United States of America: John Wiley & Sons

Wicaksono, Arief. 2016. Profil Literasi Informasi Pustakawan Indonesia. Jurnal Perpustakaan dan Informasi. Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191