Literasi media dalam konteks 21st century skills pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Banyumas

Risa Maghfiroh Aulia R, Listika Yusi Risnani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi media dalam konteks pendidikan abad 21 pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Juli 2019 semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode survei yaitu survei sampel. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA di Kabupaten Banyumas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling yaitu 392 siswa yang terdiri dari 315 siswa dari SMA Negeri dan 77 siswa dari SMA Swasta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil angket dan tes penelitian secara berturut-turut menunjukkan bahwa rerata skor 3,34 (baik) dan nilai tes 71 (baik) yang terdiri dari kemampuan menggunakan media dengan rerata skor 3,38 (baik) dan nilai 67,3 (baik), tujuan penggunaan media rerata skor 3,77 (baik) dan nilai 84,6 (baik), menguji kebenaran pesan media rerata skor 3,07 (cukup) dan nilai 74 (baik), menilai pesan media rerata skor 3,28 (cukup) dan nilai 73 (baik), pengaruh media rerata skor 3,1 (cukup) dan nilai 68,40 (baik), menginterpretasikan pesan media rerata skor 3,26 (cukup) dan nilai 77,77 (baik), penerapan etika rerata skor 2,79 (cukup) dan nilai 73 (baik), penciptaan media rerata skor 3,08 (cukup) dan nilai 63,66 (cukup), dan pemanfaatan media di lingkungan multikultural rerata skor 3,05 (cukup) dan nilai 59,60 (cukup). Hasil wawancara menunjukkan bahwa 53-84% siswa memiliki penguasaan yang baik pada semua aspek kecuali aspek menguji kebenaran media (38%). Kesimpulan penelitian ini bahwa literasi media siswa SMA di Kabupaten Banyumas dalam kategori cukup hingga baik.

Keywords


Literasi media; 21st century skills; Siswa SMA di Kabupaten Banyumas

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Basri, S. (2012). Prestasi Akademik Ditinjau dari Kemampuan Literasi Media. Jurnal Dakwah, XIII(1), 15–38. https://doi.org/10.1111/j.1365-313X.2010.04387.x.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. 2018. Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Yogyakarta: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru Terhadap Pola Interaksi Sosial Anak Di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(2), 12. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i2.5188.

Faladhin. 2018. Literasi Media pada Media pada Iklan Susu SGM Versi “Jadikan Si Kecil Generasi Maju”. Jurnal Semantik. Volume: 7 Number: 1.

Farisi, M., I. (2016). Developing The 21st-Century Social Studies Skills Through Technology Integration. Turkish Online Journal Of Distance Education-TOJDE, Volume: 17 Number: 1 Article 2 Page 16-30.

Gumgum, G., Justito, A., & Nunik, M. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa SMA. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35–40. https://doi.org/1410 - 5675.

Guntarto. 2011. Inisiatif Awal Pengembangan Indikator Tingkat Literai Media Baru. Jakarta: Yayasan Pengembangan Media Anak Jakarta.

Hapsari, N., Studi, P., Komunikasi, I., Komunikasi, F., Informatika, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2019). DIGITAL SKILLS PADA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM ASSALAAM SURAKARTA (Studi Deskriptif Penggunaan Media Digital oleh Santriwati SMA PPMI Assalaam Surakarta).

Heriyanto. 2018. Kompetensi Literasi Media Digital Siswa Kelas X Pada Siswa SMA Beryayasan Buddhis di Tanggerang. Banten: STABN Sriwijaya Tangerang

Ido Prijana Hadi. (2009). Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Reception Analysis. Scriptura, 3(1), 1–7. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/iko/article/view/17015.

Juditha, C. (2013). Literasi Media pada Anak di Daerah Perbatasan Indonesia dan Timor Leste Children Media Literacy in the Border of Indonesia and Timor Leste. 15(1), 47–62.

Livingstone. 2003. Young People Media. London: Sage Publications.

Morrison. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Muflih, M., Hamzah, H., & Puniawan, W. A. (2017). Students’ use of smartphones and social interaction in SMAN I Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal, VIII (1), 12–18.

Muskania, Tesy Rickha & Wilujeng, Inish. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning untuk Membekali Foundational Knowledge dan Meningkatkan Scientific Literacy, Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhajati, L., & Keliat, C. (2018). Sikap dan Etika Pengguna Media Sosial dalam Isu Kebebasan Berekspresi Sikap dan Etika Pengguna Media Sosial dalam Isu Kebebasan Berekspresi. (April).

Purba, Rebekka. 2017. Tingkat Literasi Media Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif Pengukuran Tingkat Literasi Media Berbasis Individual Competence Framework Pada Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi USU). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sari, I. P. (2017). E-learning menggunakan Claroline. Research and Development Journal Of Education, 4(1), 75–87.

Siti Zubaidah. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842.

Subali, Bambang. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Sulthan, M., & Istiyanto, S. B. (2019). Model Literasi Media Sosial Bagi Mahasiswa. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1076. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.280

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

Syamsuri & Ishaq. 2018. Makalah: Guru, Generasi Z, dan Pembelajaran Abad 21. Repositori Unismuh.ac. id, 1-15

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times, John Wiley & Sons, 978-0-47-055362-6.

Wahyuni, D. (2017). Agama Sebagai Media dan Media Sebagai Agama. Jia, 83–91.

Wirawan, R., & Wibisono, M. B. (2017). Perancangan Aplikasi Sosial Media Untuk Analisis Berita Hoax. Prosiding Sintax, 191–195.

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4. 0. Prosiding Seminar Nasional, 338–346.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191