Peningkatan motivasi intrinsik dan kemampuan kognitif level anaisis melalui penerapan model pembelajaran group investigation (GI)

Widya Pursetianingsih, Nani Aprilia

Abstract


      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran group investigation (GI) dapat terlaksana sesuai dengan sintak-sintak pembelajaran, serta besarnya persentase peningkatan motivasi intrinsik dan kemampuan kognitif level analisis siswa pada materi pemanasan global dari setiap siklus.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Prambanan Sleman tahun pelajaran 2018/2019 dengan objek penelitian motivasi intrinsik, kemampuan kognitif level analisis dan model GI. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Instrumen berupa lembar observasi motivasi intrinsik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model GI dan soal post-test pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model GI, motivasi intrinsik dan kemampuan kognitif level analisis pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata motivasi intrinsik belajar siswa 45,53% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 79,58%. Rata-rata nilai post-test siswa (mencakup level ingatan, pemahaman, aplikasi hingga analisis) pada siklus I yaitu 72,14 meningkat pada siklus II menjadi 84,22. Sedangkan persentase peningkatan kemampuan kognitif level analisis pada siklus I mencapai 69,90% meningkat jadi 80,56% pada siklus II.

Keywords


Group Investigation (GI); Kemampuan Kognitif Level Analisis; Motivasi Intrinsik

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Anderson, Lorin W. & Krathwohl, David R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Edisi Revisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Artini, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI Tondo. Jurnal Mitra Sains. Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Tadulako dan Staf Pengajar Program Studi Magister Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Tadulako. Vol III. Nomor 1. Halaman: 45-52. ISSN: 2302-2027.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Faujiyah, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Bioedukatika. Vol VII. Nomor 1. ISSN : 2338-7173.

Fitri, Efi Solina & Susilo, Muhammad Joko. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas X.3 Melalui Model Group Investigation (Gi) Pada Materi Avertebrata Di Sma Negeri I Pajangan Tahun Ajaran 2011/2012. Bioedukatika UIN. Vol VII. Nomor 1. ISSN : 1-96.

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Laila, dkk. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol. I. Nomor 2. P-ISSN 2503-1201. E-ISSN 2503-5347.

Leonardus, Salomo dan Siregar, Nurdin 2014. Pengaruh Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar pada Materi Listrik Dinamis.Jurnal Inpafi. Prodi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan. Vol II. Nomor 2.

Listiana, Lina. 2013. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi Melalui Model Kooperati Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write). Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning. Vol X. Nomor 1.

Mas’ud, Asrianty. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Bioedukatika UIN. Vol VIII. Nomor 1. Hal: 43-47.

Nadiya, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gerak Lurus Kelas X. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. Vol I. Nomor 2. Halaman: 49-5. ISSN: 2477-8451.

Nasution, Halimah Fitra. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Peteka (Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran). Vol I. Nomor 1. Hal: 28-33.

Primarinda, Ikha., dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA N 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS. Vol IV. Nomor 2.

Richvana, B., dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Tingkat Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi FKIP UNS. Vol IV. Nomor 1.

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slavin, E. Robert. 2011. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suartika, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.III

Sukimarwati, Juli., dkk. 2013. Pembelajaran Biologi dengan Guided Inquiry Model Menggunakan LKS Terbimbing dan LKS Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Kreativitas dan Motivasi Berprestasi Siswa. Bioedukasi. Volume VI. Nomor 2. Halaman: 46-57. ISSN 1693-2654.

Suprijono, Agus. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryanda, dkk. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. BIOSFERJPB. Vol. IX. Nomor 2. Hal: 37-44. ISSN: 0853-2451.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada.

Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widodo, Wahono.,dkk. 2016. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kemendikbud.

Widoyoko. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulfiani., dkk. 2016. Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Group Investigation di MTs Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi UIN. ISBN 978-602-73551-0-8.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191