Inventarisasi kasus saat kegiatan belajar mengajar pelajaran IPA di SMP Muhammadiyah 1 dan SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang

Septi Asri Lestari, Anik Wulandari, Mutiah Putri Kuvitarani

Abstract


Problematika kegiatan belajar mengajar merupakan hal yang sering terjadi sehingga menjadi momok bagi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kasus yang terjadi saat kegiatan belajar mengajar pelajaran IPA di kedua sekolah tersebut diantaranya peserta didik yang bertingkah tidak sesuai peraturan sekolah dan tidak sesuai dengan etika sopan santun yang seharusnya sehingga dalam praktik kegiatan belajar mengajar guru banyak mengalami kesulitan dan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Tujuan penelitian ini  untuk menginventarisasi kasus-kasus yang terjadi saat kegiatan belajar mengajar pelajaran IPA di SMP Muhammadiyah 1 dan 2 Kalibawang.

Artikel ini ditulis berdasarkan perbandingan beberapa kasus yang ditemui dua guru pengampu mata pelajaran IPA di dua sekolah yang berbeda.

Hasil dari penelitian ini Pada SMP Muhammadiyah 1 Kalibawang terdapat 7 kasus dan SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang terdapat 6 kasus. Di ke 13 kasus terebut 4 kasus yang sama. Yaitu membolos ke kantin sewaktu pelajaran, ngobrol pada saat pembelajaran, tidur di kelas, tidak mengguanakan bahasa yang sopan kepada gurunya, dan tugas-tugas yang tidak dikerjakan saat pembelajaran.

Keywords


IPA; Kasus pembelajaran; SMP

Full Text:

PDF

References


Bencsik, A., Csikos, G., & Juhaz, T. (2016). Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Djahiri, A. K. (1996). Menelusuri Dunia Afektif. Bandung: Lan Pengajaran PMP IKIP.

Purwaningsih, E. (2012). Keluarga Dalam Mewujudkan Pendidikan Nilai Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Nilai Moral. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1(1).

Putra, Y. S. (2017). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Jurnal Ilmiah Among Makarti, 9(18).

Widianto, E. (2015). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 31-39.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191