Multipel representasi tipe nature of models (NoM) dalam buku ajar biologi kelas XI semester 1

Riyadhotus Sholihah, Fenny Roshayanti, Ipah Budi Minarti

Abstract


Penelitian ini berjudul “Multipel Representasi Tipe Nature of Models (NoM) dalam Buku Ajar Biologi Kelas XI Semester 1”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan tipe model Nature of Models (NoM) yang terdapat dalam buku ajar biologi kelas XI Semester 1. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sampel dalam penelitan ini adalah buku yang dominan digunakan di SMA N se-Kota Semarang pada buku ajar biologi kelas XI Semester 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dalam bentuk isian dan checklist untuk mengidentifikasi tipe model NoM yang terdapat dalam buku ajar biologi. Data yang telah didapatkan dideskripsikan berdasarkan tipe-tipe model NoM. Hasil penelitian menunjukkan tipe model skala paling banyak dengan frekuensi 151 atau 54,7% dibandingkan model matematika dan simulasi yang memiliki frekuensi 3 atau 1%. Hal ini sesuai dengan karakteristik ilmu biologi yang memiliki cakupan materi berupa abstrak dengan ukuran yang beragam diantaranya mikroskopik dan makroskopik. Sehingga model skala lebih dominan daripada model matematika dan simulasi.


Keywords


Nature of models (NoM); tipe; buku ajar

Full Text:

PDF

References


Abdulkarim, A. 2007. Analisis isi buku teks dan implikasinya dalam membedakan ketrampilan berpikir siswa SMA. Jurnal Forum Kependidikan 26 (2):118-132.

Ariningrum, Tri Retnani. 2013. Analisis Literasi Ilmiah Buku Teks Pelajaran Biologi SMA. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Bamberger, Yeal M., Davis, Elizabeth A. 2013. Middle-School Science Students’ Scientific Modelling Performances. Internasional Jiurnal of Science Education. Vol. 35, No. 2

Ghufron, M.A. 2018. Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multididiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat. Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 2 Agustus 2018

Harrison, Allan G. 2001. How do Teachers and Textbook Writers Model Scientific Ideas for Students. Reseach in Science Education. 31: 401 – 435

https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ [10 November 2018]

Nurbaeti, Indah. 2015. Analisis Kualitas Representasi Visual Bahan Ajar Paket Biologi SMA Kelas XI kultikulum 2013 pada konsep Sistem Koordinasi. Skripsi tidak diterbitkan. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon

Nurmutia, Halida Eka. 2013. Analisis Materi, Penyajian, dan Bahasa Buku Teks Matematika SMA Kelas X di Kabupaten Rembang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework Mathematics, Raading, Science, Problem Solving and Financial Literacy

Oh, P.S., & Oh, S. 2011. What Theachers of Science Need to Know About Models: An overview. Internasional journal of Science Education. Vol. 33. No. 8: 1109-1130

Roshayanti, Fenny. 2002. Analisis Fungsi Representasi Materi Subjek Respirasi Sel pada Buku Teks Biologi Umum terhadap Materi Subjek Metabolisme pada Buku Teks Anatomi Fisiologi Tubuh Manusia. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Roth, W.-M, & Pozzer-Ardenghi, L. (2013). Pictures in Education. In Tsui, C. & Treagust, D. F. (Ed.), Multiple Representations in Biological Education(pp. 3- 18). London: Springer.

Sari. Dwi Wulan. 2015. Analisis Kualitas Buku Paket Biologi Kurikulum 2013 Kelas X Semester 2 Ditinjau dari Aspek Representasi Visual pada Konsep Pencemaran dan Perubahan Lingkungan. Skripsi tidak diterbitkan. Cirebon: IAIN Syekh Nurjati

Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks pelajaran. Bandung: PT. Remaja Resdakarya Offset.

Soh, T., Arsad, N., & Osman, K. (2010). The relationship of 21st century skills on students’ attitude and perception towards physics. Procedia Social and Behavioral Sciences. 7(C). 546–55

Sudarsiman, S. 2015. Memahami Hakekat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea. Vol.2. No.1. Hal 29 - 35

Sunyono, et. al. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa Topik Stoikiometri Reaksi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. PPs. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Zhang,Baohui et.al. 2006. Expert Models and Modeling Processes Associated with a Computer-Modeling Tool.Wiley interScience. Across Content Areas and Within aLearning Progression. International Journal of Science Edu




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191