Pembentukan karakter siswa SMP melalui literasi sains

Hirnanda Agustiawan, Etika Dyah Puspitasari

Abstract


Siswa SMP merupakan siswa dengan rentang usia peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa peralihan tersebut siswa banyak mengalami perkembangan fisik, emosi, kognitif, sosial, maupun perilaku. Tidak sedikit kasus dan permasalahan siswa SMP yang menunjukkan penurunan perilaku dan moral siswa.  Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki andil besar dalam pembentukan karakter siswa, salah satunya dapat melalui pembelajaran IPA. Pada pembelajaran IPA siswa dilatih untuk dapat bersikap ilmiah dan menguasai literasi sains. Literasi sains penting untuk dikuasai siswa terkait dengan cara siswa untuk dapat memahami lingkungannya serta permasalahan lain yang dihadapi masyarakat modern. Karakter siswa dapat dibentuk melalui literasi sains termasuk literasi biologi. Literasi sains yang dapat dikuasai siswa salah satunya dapat ditunjukkan dalam bentuk sikap ilmiah. Sikap ilmiah tercermin pada sikap jujur dan obyektif dalam mengumpulkan fakta dan menyajikan hasil analisis fenomena-fenomena alam . Oleh karena itu karakter siswa yang dapat dibentuk melalui literasi sains antara lain sifat  jujur, objektif, bertanggung jawab, tekun, terbuka, dan toleran.

Keywords


Karakter siswa; Literasi sains; Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


A.Machin. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35.

BKKBN. 2019. Genre Educamp 2019 Upaya BKKBN Hadapi Permasalahan Remaja, (Online),(https://www.bkkbn.go.id/detailpost/genre-educamp-2019-upaya-bkkbn-hadapi-permasalahan-remaja) diakses 12 Agustus 2019.

CNN Indonesia. 2019. Laporan Kecurangan UNBK SMP Disebut Naik, Jatim Tertinggi,(Online),(https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190528203859-20-399274/laporan-kecurangan-unbk-smp-disebut-naik-jatim-tertinggi) diakses 15 Agustus 2019.

Dalimunthe, R. Armin Abdillah. 2015. Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di SMPN 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 102–111.

Depict Pristine, & Endang Suryani. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Buddi pekerti Di SMP Negeri Tanggul Jember. Jurnal Pendidikan Karakter, V(1), 82–89.

Hendracipta, N. 2016. Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri.JPSD, 2(1), 109–116.

Kompas. 2019. Begini Kronologi Siswa Merokok dan Tantang Gurunya di Kelas,(Online), (https://regional.kompas.com/read/2019/02/10/23060771/begini-kronologi-siswa-merokok-dan-tantang-gurunya-di-kelas?page=1) diakses 12 Augustus 2019.

Lestari, N., & Yusuf, S. M. 2019. Pengembangan Perangkat Perkuliahan P3B Berbasis Karakter Dengan Setting Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Teknologi FST Undana, 13(1), 48–54.

Nurhatyati, N., & Hadis, A. 2017. Implementasi Keterampilan Proses Sains Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Persatuan Guru Republik Indonesia, 2(2), 199–204.

Riyadhotul, S., Suyitno, H., & Rosyida, I. 2019. Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. Makalah disajikan dalam PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Univeersitas Negeri Semarang. 20 Oktober 2018.

Setiawan, wawan eka, & Rusmana, N. E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dalam Pembelajaran Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Ipa SD. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 69–73.

Setyaningrum, Y., & Husamah, H. 2011. Optimalisasi penerapan pendidikan karakter di sekolah menengah berbasis keterampilan proses: Sebuah perspektif guru IPA-biologi. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan, 1(1), 69–81.

Surya, Y. F. 2017. Penggunaan Model dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 1(1), 52.

Susilowati, Sri Mulyani Endang. 2017. Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Biologi Berpendekatan JAS. (Online), (https://www.researchgate.net/publication/321110395_membangun_karakter_siswa_melalui_pembelajaran_biologi_berpendekatan_jas) diakses 13 agustus 2019.

Suwono, H., Rizkita, L., & Susilo, H. (2015). Jurnal ilmu pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 21(2), 136–144.

Toharuddin, Hendrawati,S., & Rustaman, A. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: PT ArmasDuta Jaya.

Vitasari, S. D. (2017). Hakikat IPA dalam Penilaian Kemampuan Literasi IPA Peserta Didik SMP. Makalah disajikan dalam Pros. Seminar Pend. IPA Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, 30 September 2017.

Zuchdi, D. et al. 2015. Pendidikan Karakter Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta. UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191