Tarub sebagai sumber belajar biologi keanekaragaman hayati dan konservasi berbasis kearifan lokal budaya Jawa

Milade Annisa Muflihaini, Suhartini Suhartini

Abstract


Artikel ini adalah hasil studi literatur (literature review) dengan menggunakan metode pendekatan deskripsi kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan potensi Tarub sebagai sumber belajar biologi dalam mengenalkan keanekaragaman hayati dan konservasi melalui kearifan lokal budaya Jawa. Pada Tarub, terdapat beberapa komponen seperti bleketepe, tuwuhan (hasil bumi) yang terdiri dari berbagai macam objek tumbuhan yang dapat diidentifikasi sebagai bahan dalam pembelajaran biologi terutama pada keanekaragaman tumbuhan. Pemanfaatan potensi ini berperan penting dalam upaya konservasi biodiversitas.

Keywords


Tarub; Keanekaragaman hayati; Konservasi; Kearifan lokal; Sumber belajar biologi

Full Text:

PDF

References


Adam, Rebecca. 2001. Upacara Pernikahan di Jawa, Upacara-Upacara, Simbolisme, dan Perbedaan Daerah di Pulau Jawa. ACICIS: Fakultas FISIP. Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur.

Ahmadi, I., Amri, S. dan Elisah T. (2012). Mengembangkan Pendidikan Berbasis

Asmani, J.M. (2012). Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Jogjakarta: Diva Press.

Aziz, Amelia Wahyu Wandicha Magel, 2017. Identifikasi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat adat kampung naga sebagai sumber belajar biologi pada konsep biodiversita. Tesis diterbitkan dalam epository.upi.edu. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Bonsai Tanaman. 2018. Mengenal ciri-ciri pohon beringin/Ficus benjamina. (Online), (http://tanamanbonsai.com/mengenal-ciri-ciri-pohon-beringinficus-benjamina/) diakses 22 Agustus 2019.

Departmen Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Penelitian Sejarah dan Budaya, Proyek Penelitian dan Pencatatan Kebudayaan Daerah. 1997/1998. Adat dan Upacara Perkawinan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Femina. 2014. Ragam Kelapa. (Online), (https://www.femina.co.id/article/ragam-kelapa) diakses 22 Agustus 2019.

Jayanti, dkk. 2017. Analisis Kebutuhan Bentuk Sumber Belajar dan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal untuk Kelas X SMA di Provinsi Lampung. Makalah disajikan dalam Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM. Malang, Vol.2.

Jayati, Ria Dwi dan Yunita Wardianti. 2018. Pembelajaran Biologi berbasis Kearifan Lokal di Kota Lubuklinggau. Makalah disajikan dalam National Conference on Mathematics, Science, Education (NACOMSE), Pamekasan, 22 Semptember 2018.

Keunggulan Lokal. Jakarta: Prestasi Pustaka

Magligai. 2007. Pernikahan Adat Jawa Solo. Jakarta: PT. Dwi Putra Glomedia.

Munajah dan Muhammad Joko Susilo. 2015. Potensi Sumber Belajar Biologi SMA Kelas X Materi Keanekaragaman Tumbuhan Tingkat Tinggi di Kebun Binatang Gembira Lokal. JUPEMASI-PBIO. 1 (2). 184-187.

Orwa C, Mutua A, Kind R, Jamnadass R, Simons A. 2009. Agroforestree Database: a tree reference and selection guide version 4.0. World Agroforestry Centre, (Online), (http://www.worldagroforestry.org/af/treedb/.

Profil Keanekaragaman Hayati DIY Tahun 2016. (Online), (http://kehati.jogjaprov.go.id/detailpost/kelapa-gading) diakses 22 Agustus 2019.

Sudjana, N dan Rivai, A. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sudjoko. 2001. Membantu Siswa Belajar IPA. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Wikantiyoso, R dan Tutuko, P. 2009. Kearifan Lokal dalam Perencanaan dan Perancangan Kota untuk Mewujudkan Arsitektur Kota yang Berkelanjutan. Malang: Universitar Merdeka Malang.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191