Pola karakteristik ilustrasi model dalam lembar kerja siswa (LKS) biologi MGMP kelas 11 SMA Negeri di Kota Semarang

Mira Esti Kusumaningrum, Fenny Roshayanti, Ipah Budi Minarti

Abstract


Penelitian pola karakteristik ilustrasi model dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) MGMP Biologi Kelas 11 SMA Negeri di Kota Semarang ini bertujuan untuk mengetahui pola karakteristik ilustrasi model dalam LKS tersebut. LKS karya MGMP yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan terhadap Tim MGMP Biologi SMA Kota Semarang. Analisis difokuskan terhadap karakteristik ilustrasi model. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik ilustrasi yang terdiri dari 3 subkategori, subkategori model struktural lebih banyak ditemukan, yaitu sebanyak 67 atau 51,53% dibandingkan model fungsional yang berjumlah 36 atau 27,69%, dan model struktural-fungsional yang berjumlah 27 atau 20,76%. Hasil analisis pola karakteristik ilustrasi model dalam LKS MGMP Biologi Kelas 11 tersebut sesuai dengan ciri-ciri Ilmu Biologi, serta karakteristik jenis pengetahuan yang terdiri dari faktual, konseptual, dan prosedural.


Keywords


fungsional, ilustrasi, karakteristik, model, struktural, struktural-fungsional

Full Text:

PDF

References


Belzen, U.Z., dan D. Kruger. (2010). Modellkompetenz im Biologieunterricht [Model competence in biology education]. Zeitschrift für Didaktik der Naturwissenschaften.

Gogolin, S dan D. Kruger. 2018. Students’ understanding of the nature and purpose of models. Wiley JRST. DOI: 10.1002/tea.21453

Huberman, Miles, dan Saldana. 2014. Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia.

Karsono. 2017. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, V (1), 2017, ISSN: 1410-1866.

Malahayati, E.N. 2017. Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Blitar. Jurnal Konstruktivisme, Vol. 9, No. 2, p-ISSN: 1979-9438.

Pluta, W.J., C.A. Chinn, dan R.G. Duncan. 2011. Learners’ Epistemic Criteria for Good Scientific Models. Journal Of Research In Science Teaching Vol. 48, No. 5, pp. 486–511.

Schwarz, C.V., B.J. Reiser, E.A. Davis, L. Kenyon, A. Acher, …, Y. Yael Shwartz. 2009. Developing a Learning Progression for Scientific Modeling: Making Scientific Modeling Accessible and Meaningful for Learners. Journal of Research in Science Teaching Vol. 46, No. 6, pp. 632–654.

Seok, P., dan S. Jin. 2011. What Teachers of Science Need to Know about Models: An overview. International Journal of Science Education Vol. 33, No. 8, pp. 1109–1130.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wardani, R. 2018. 21st Century Educator: Menyongsong Transformasi Pendidikan 4.0 : Seminar Nasional Dinamika Informatika SENADI UPY. Yogyakarta.

Werner, S., C. Fortchs, dan W. Boone. 2017. Investigating How German Biology Teachers Use Three-Dimensional Physical Models in Classroom Instruction: a Video Study. Res Sci Educ. DOI 10.1007/s11165-017-9624-4. Springer Science+Business Media Dordrecht.

White, B. Y., A. Collins, dan J.R. Frederiksen. 2011. The nature of scientific meta-knowledge. In M. S. Khine & I. M. Saleh (Eds.), Models and modeling: cognitive tools for scientific enquiry (pp. 3–22). Heidelberg: Springer.

Widodo, A. 2005. Taksonomi Tujuan Pembelajaran. Didaktis: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191