Implementasi pembelajaran numbered heads together dengan hasil belajar CI-C4 siswa kelas VIII

Andini Dwi Lestari, Much Fuad Saifuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh hubungan antara pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar C1-C4. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII B dan kelas VIII D yang jumlah masing-masing kelas sebanyak 27 siswa. Pengambilan data menggunakan tes dan observasi keterlaksanaan, teknik analisis data dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar C1 sampai C4 yang dibuktikan dengan nilai Asymp.Sig 0,000< 0,05. Secara keseluruhan hasil belajar kognitif siswa sudah mencapai ranah C4 yang dibuktikan melalui nilai posttest sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa C1 sampai C4.


Keywords


hasil belajar kognitif; implementasi; numbered heads together.

Full Text:

PDF

References


Allo, L. S. & D. K. Silalahi, 2016. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa dengan Menggunakan Metode Numbered Heads Together (NHT) dalam Pelajaran Biologi Kelas VII di SMPK Medan. EduMatSains 1 (1): 83-94.

Dewi, R,P.,R, S. Iswari, R. Susanti & Supriyanto. 2012. Penerapan Model Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Materi Bahan Kimia di SMP. Unnes Journal of Biology Education 1 (3): 279-286.

Diny Dwi Febriany. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Jupe UNS, Vol 1, No 2 Hal 1 s/d 11.

Lusia Retno Yuliani, dkk. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belaajr Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Journal of Biology Education 7(2) (2018): 209-215

Mukaromah, E., S. H.Bintari, & I. Mubarok. 2012. Hasil Belajar Siswa pada Materi Protista Akibat Penerapan Model Learning Cycle. Unnes Journal of Biology Education 1(2): 182-189.

Nihayah, Ainun. 2009. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Semarang. Institut Agama Islam N egeri Walisongo Semarang.

Nurhayati. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Makassar, Badan Penerbit Univeristas Negeri Makassar.

Siregar, F. A. 2012. Pengaruh Model Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1) 33-38.

Slavin, R.E.2011. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Uno. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo. 2008. Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kompetensi Pendidikan Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Walberg, H.B. &R.C. Greenberg. 1997. Using the Learning Environment Inventory. Educational Leadership 54 (8): 45-47.

Wang, X. 2015. A Study on Cooperative Learning of Collage English Teaching. Journal of English Language Teaching 2(3): 9-13.

Wijawati, Nanik. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Universitas Negeri Semarang. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol.2, No 2, hlm 281-286.

Yanti, K.D., D., P. Parmiti & I. I.W. Suwatra. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 4(1):1-10.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191