Peningkatan motivasi ekstrinsik dan kemampuan kognitif C1-C4 materi sistem ekskresi manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) pada peserta didik kelas VIII D semester genap SMP Negeri 2 Srumbung

Desi Ratnasari, Novi Febrianti

Abstract


Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi mengakibatkan rendahnya motivasi ekstrinsik dan hasil belajar kognitif peserta didik pada proses pembelajaran IPA Biologi. Salah satu model pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik dalam belajar IPA Biologi adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik dan hasil belajar ranah kognitif C1-C4 mata pelajaran IPA Biologi materi sistem ekskresi pada manusia dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT terhadap peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 2 Srumbung pada pokok bahasan mengidentifikasi organ-organ sistem ekskresi dan penyebab penyakit serta upaya pencegahannya.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 2 Srumbung yang berjumlah 25 peserta didik. Objek penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe NHT pada materi sistem ekskresi pada manusia. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar angket, dan soal post test. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis observasi terjadi peningkatan motivasi ekstrinsik peserta didik dari 59,11% (Cukup), menjadi 65,78% (Baik), hingga mencapai 76,89% (Baik) pada siklus III. Keterlaksanaan pembelajaran, dari 94,44% pada siklus I meningkat  pada siklus II dan III menjadi 100% (Sangat Baik). Terjadi peningkatan angket motivasi ekstrinsik dari 80,40%, menjadi 83,20%, hingga 84,80% pada siklus III. Terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sebesar 36,00%, menjadi 68,00%, hingga 88,00% pada siklus III.


Keywords


motivasi ekstrinsik, kemampuan kognitif C1-C4, Numbered Heads Togethers (NHT), sistem ekskresi manusia, SMPN 2 Srumbung.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

. 2009. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arnentis. 2010. Upaya peningkatan motivasi dan aktivitas belajar biologi siswa melalui strategi Think Talk Write siswa kelas XI SMA Negeri Kampar Kiri tahun ajaran 2009/2010. Artikel. Pekanbaru: Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Riau. (Diakses Tanggal 20 Agustus 2019 pada jam 20.00 WIB).

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2009. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ekawati, Desti Nurlela. 2005. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Peubah pada Siswa Kelas II Semester 2 SLTP Negeri 9 Purwokwrto Tahun Pelajaran 2003/2004. (Skripsi). Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Hamdu, Ghullam. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1): 91.

Isjoni. 2013. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajarn Perspektif Guru dan Siswa. Bandunng: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Kurniawan, A.S.dkk. 2017. Antusiasme Belajar Siswa Kelas X Ilmu Pengetahuan Bahasa Pada Lintas Minat Biologi Di MAN 2 Model Medan. Jurnal Pelita Pendidikan. 5(1): 108:117.

Mulyana. 2016. Penerapan Model kooperatif Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1): 334.

Nursyamsi, S.Y. dkk. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal pendidikan. 1(10): 1997.

Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sandars, John. 2009. The Use Reflection in Medical Education: AMEE Guide No 44. Med Teach, 31(8): 685-695.

Susilo, Muhammad Joko. 2009. Sukses dengan Gaya Belajar. Yogyakarta: Pinus.

Sudjana, 2013. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Susilo, Yudi & Siti Khabibah. 2013. Peningkatan Motivasi Belajar Sswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Materi Ajar Perbandingan dan Fungsi Trigonometri Pada Siswa kelas X. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 2(2): 1-8.

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 3(1): 76.

Salam, Reskiwati. 2017. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningatkan Kepercayaan Diri dan Komunikasi. Jurnal: Matematis. Jurnal Penelitian Semester Gasal SMAN 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal: Pendidikan Kimia (JPK): 2(4): 174-181.




DOI: https://doi.org/10.26555/symbion.3561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Symbion



Symbion organized by

Deparment of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Campus 4 UAD Jl. Ringroad Selatan, Kragilan, Tamanan, Banguntapan, Bantul,

Special Region of Yogyakarta, 55191