Literatur review: Efektivitas konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi nomophobia siswa
Abstract
Penelitian yang dilakukan secara langsung di sekolah menunjukkan bahwa beberapa siswa mengalami nomophobia, atau kecemasan berlebihan saat mereka tidak mengoperasikan smartphone. Tujuan dari penelitian atau studi ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif konseling kelompok teknik self management untuk mereduksi nomophobia pada siswa. Untuk tujuan penelitian ini, peneliti mengumpulkan sumber bacaan yang relevan untuk fokus penelitian. Metode yang digunakan yaitu studi literatur review. Artikel jurnal dari tahun 2016–2023 adalah sumber bacaan dan kumpulan data studi literatur penelitian ini. Hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management dapat membantu mereduksi nomophobia pada siswa.
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, A. D. K., Barida, M., & Susilowati, N. (2022). Upaya Mengurangi Nomophobia Melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Petarukan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1707–1715.
Bansode, R. S., dkk. (2019). Self Management untuk Membantu. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(2), 32–67. http://ieeeauthorcenter.ieee.org/wp-content/uploads/IEEE-Reference-Guide.pdf%0Ahttp://wwwlib.murdoch.edu.au/find/citation/ieee.html%0A https://doi.org/10.1016/j.cie.2019.07.022%0Ahttps://github.com/ethereum/wiki/wiki/White-Paper%0Ahttps://tore.tuhh.de/hand
Bragazzi, N. L., & Del Puente, G. (2014). A Proposal for Including Nomophobia In the new DSM-V. Psychology Research and Behavior Management, 7, 155–160. https://doi.org/10.2147/PRBM.S41386
Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, E. R. (2017). Jurnal Kemudahan Smartphone. Acta Diurna, 6(1), 1–15.
Fathoni, A., & Asiyah, S. N. (2021). Hubungan Kontrol Diri dan Kesepian dengan Nomophobia pada Remaja. Indonesian Psychological Research, 3(2), 63–74. https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.542
Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613
Muyana, S., & Widyastuti, D. A. (2017). Nomophobia (No-Mobile Phone Phobia) Penyakit Remaja Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan dan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 280–287. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snbkuad/article/view/84
Ofori, D. A., Anjarwalla, P., Mwaura, L., Jamnadass, R., Stevenson, P. C., Smith, P., Koch, W., Kukula-Koch, W., Marzec, Z., Kasperek, E., Wyszogrodzka-Koma, L., Szwerc, W., Asakawa, Y., Moradi, S., Barati, A., Khayyat, S. A., Roselin, L. S., Jaafar, F. M., Osman, C. P., … Slaton, N. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Molecules, 2(1), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201
Permatasari, I., Yusmansyah, & Widiastuti, R. (2019). Penggunaan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management untuk Menurunkan Kecenderungan Nomophobia Siswa SMA. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(5), 1–15. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/19915
Sa’diyah, H., Chotim, M., & Triningtyas, D. A. (2017). Penerapan Teknik Self Management untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 67. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1018
Sari, A. (2017). Efektivitas Konseling Kelompok dengan Menggunakan Teknik Self Management untuk Mereduksi Kecanduan Media Sosial Peserta Didik di SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1–77.
Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2018). Potret Nomophobia (No Mobile Phone Phobia) di Kalangan Remaja. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 62. https://doi.org/10.26638/jfk.513.2099
Yildirim and Cooreia. (2014). Exploring The Dimensions Of Nomophobia. Computers in Human Behavior, 5.
Zuliyana, I. K. A. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Mengurangi Nomophobia Pada Siswa. 1–70.
Refbacks
- There are currently no refbacks.