Efektivitas pendidikan multikultural di sekolah pada pembelajaran abad-21
Abstract
Masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, budaya, dan agama. Keragaman budaya tersebut menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang multikultural. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), multikultural adalah bersifat keberagaman budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling multikultural di sekolah dalam proses pembelajaran abad-21 saat ini. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library rearch/study literature). Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan beberapa literatur dapat disimpulkan bahwa pendidikan multikultural di sekolah pada pembelajaran abad 21 ini perlu dilakukan guna mempertahankan budaya yang tengah dimiliki oleh setiap peserta didik. Bagi seorang guru BK perlu untuk perlu memperhatikan perbedaan karakteristik yang dimiliki peserta didik dengan cara menerapkan pembelajaran berpihak kepada peserta didik sehingga dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan peserta didik. Serta guru bimbingan dan konseling yang menerapkan pendekatan ini harus memiliki pengetahuan mendalam tentang berbagai budaya, nilai, dan norma serta bersedia untuk beradaptasi dengan kebutuhan dan preferensi konseli guna mempersiapkan generasi penerus dan menjawab tantangan abad 21.
Full Text:
PDFReferences
Amin Muh. (2018) Pendidikan Multikultural. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 09(1)
Annajih Moh. Ziyadul Haq, Kartika Lorantina, Hikmah Ilmiyana. (2017). Konseling Multibudaya dalam Penanggulangan Radikalism Remaja. Prosding Seminar Bimbingan dan Konseling, 1(1), hlm 280-291
Ansori,Yoyo Zakaria, (2019). Islam dan Pendidikan Multikultural. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2)
Asih Riyanti , Neni Novitasari. (2021). Pendidikan Mulikultural Berbasis Kearifan Lokal Bagi Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Adat dan Budaya, 3(1)
Baroya,Epi Hifmi. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(01)
Eshabil, E. P. &, & Çelik, S. (2019). Readiness of Turkish Education System for Multikultural Education. Educational Research and Reviews, 14(8), 274–281. https://doi.org/10.5897/err2017.3171
Karacabey, M. F., Ozdere, M., & Bozkus, K. (2019). The Attitudes of Teachers Towards Multikultural Education. European Journal of Educational Research, 8(1), 383–393. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.1.383
Khowatim, Khusnul. (2020. Peran Konselor dalam Konseling Multibudaya untuk Mewujudkan Kesetaraan Gender. Jurnal Bikotetik, 04(01),hlm 1-35
Nugraha, Agung & Dewang Sulistiana. (2017). Kepekaan Multibudaya bagi Konselor dalam Layanan Konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research, 1(1), pp. 9–18
Nugraha. Dera, Uus Ruswandi & M. Erihadiana. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Pendidikan PKN Pancasila dan Kewarganegaraan, I(2)
Puspita Yenny. (2018). Pentingnya Pendidikan Multikultural. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, hlm 285-291
Rahayu Restu,Sofyan Iskandar &Yunus Abidiin. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Albasicedu, 6(2) hlm 2099-2104
Rahmawati, Evi Afiati dkk. (2020). Bimbingan dan Konseling Multibudaya. Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI) Jalan Lingkar Caringin Cisoka Tangerang Banten
Rahmi Alfi, Neviyarni dan Netrawati. (2022). Kompetensi Multibudaya Konselor dalam Konseling Kelompok sebagai Upaya Mengatasi Bias Budaya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(1), hlm 1-10
Rohiman,Iman & Rahmat Pamuji. (2017). Pengembangan Kesadaran Multibudaya bagi Calon Konselor di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional
Sa’diyah Melani Khalimatu, Dinie Anggraeni Dewi & Yayang Furi Furnamasari. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Mengenai Keragaman Budaya Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3), hlm 7704-7710
Setyaputri,Nora Yuniar. (2017). Karakter Ideal Konselor Multibudaya Berdasarkan Nilai Luhur Semar. Jurnal Kajian Bimbingdan dan Konseling, 2(2), hlm 58-65
Supriatna Mamat, Febianty Tatva Maharani & Nadia Aulia Nadhirah. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok Mengatasi Permasalahan Adaptif Remaja di Lingkungan Multirasial. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6(1), hlm. 58-66
Umami,Dwi Ananda Nur. (2022). Pengetahuan dan Keterampilan Guru BK mengenai Konseling Multibudaya di Indonesia. Jurnal BK Pendidikan Islam, 3(1), hlm. 38-50
Widayat, W. (2018). Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 Melalui Fitur Kelas Maya Portal Rumah Belajar. diakses dari http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/implementasi-pengembangankecakapan-abad21-melalui-fitur-kelas-maya-portal-rumah-belajar/
Zakiyah Afifatus, Hayatul Khairul Rahmat & Nurus Sa’adah. (2022). Peran Konselor Lintas Agama dan Budaya sebagai Problem Solving Mayarakat Multibudaya. Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research. 1(1), hlm. 45-60
Refbacks
- There are currently no refbacks.