Clarification of gurindam 12 contained value to improve student humility
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adam, N. S., & Omar, S. H. S. (2023). Terapi Sifat Sombong Menurut Teori Spiritual al-Ghazali dan al-Muhasibi [Arrogance Therapy According to the Spiritual Theory of al-Ghazali and al-Muhasibi]. BITARA International Journal of Civilizational Studies and Human Sciences (e-ISSN: 2600-9080), 6(1), Article 1.
Adriansyah, M. A., & Rahmi, M. (2012). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Moralitas Remaja Awal. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v1i1.2122
Azhar, K., & Sa’idah, I. (2017). Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik di MI Kabupaten Demak. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.31332/atdb.v10i2.625
Banker, C. C., & Leary, M. R. (2020). Hypo-Egoic Nonentitlement as a Feature of Humility. Personality and Social Psychology Bulletin, 46(5), 738–753. https://doi.org/10.1177/0146167219875144
Basiroh, U. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Imtak pada Materi Rendah Hati, Hemat dan Sederhana Melalui 3 Steps of Role Playing Based on Daily Short Story Kelas VIII. Jurnal Profesi Keguruan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/jpk.v3i1.10485
Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Jurnal Pamator : Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912
Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), Article 3.
Fauziah, H., & Mahpudz, S. (2022). Pembentukan Karakter Rendah Hati Peserta Didik dalam Al-Qur’an Surah Al-Furqan 63-64 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi, 1(1), 116–124.
Fitri, M., Mappiare -AT, A., & Triyono, T. (2020). Diskusi Nilai Etika dari Hadih Maja dalam Konseling Model KIPAS dengan Tema Kecakapan Sosial. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(8), Article 8.
Ghofur, M. A. (2020). Nilai-Nilai Tasawuf Akhlaki dalam Gurindam Dua Belas untuk Pembinaan Akhlak Siswa Madrasah di Era Disrupsi (Kajian Pasal Keempat Gurindam 12 Raja Ali Haji). Madaris: Jurnal Guru Inovatif, 1(1), Article 1.
Handayani, H. L., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Perilaku Negatif Siswa: Bentuk, Faktor Penyebab, dan Solusi Guru dalam Mengatasinya. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.760
Hardiyanto, S., & Romadhona, E. S. (2018). Remaja dan Perilaku Menyimpang. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30596/interaksi.v2i1.1785
Permatasari, D. (2016). Tingkat Kerendahan Hati Siswa SMP. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.21067/jki.v1i2.1620
Shanty, I. L., Malik, A., & Subroto, G. (2019). Kelas Semiotik Nilai Pendidikan Karakter terhadap Masyarakat dalam Karya Raja Ali Haji. Jurnal Kiprah, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.31629/kiprah.v7i2.1400
Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902
Susanti, R. H. (2015). Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa SMP melalui Penggunaan Teknik Klarifikasi Nilai. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21067/jki.v1i1.855
Wibowo, A. (2015). Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai dalam Meningkatkan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran PKn. Jipsindo (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v0i0.4525
Witteman, H. O., Chipenda Dansokho, S., Exe, N., Dupuis, A., Provencher, T., & Zikmund-Fisher, B. J. (2015). Risk Communication, Values Clarification, and Vaccination Decisions. Risk Analysis, 35(10), 1801–1819. https://doi.org/10.1111/risa.12418
Yuniva, F., Sariyatun, S., & Ediyono, S. (2022). Gurindam 12 Sebagai Wadah Penguatan Moral bagi Mahasiswa di Era Global. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/seeds.v6i1.72399
Refbacks
- There are currently no refbacks.