Konseling kelompok teknik dispute cognitive untuk mereduksi insecurity pada remaja

Yesi Nila Sari, Tri Sutanti

Abstract


Remaja dalam pencarian jati diri seringkali memiliki keinginan untuk melakukan banyak hal. Sehingga tak jarang memicu munculnya permasalahan pada dirinya. Salah satu bentuk masalah yang sering muncul dalam diri remaja yaitu perasaan insecure. Insecure merupakan kondisi dimana individu merasa tidak percaya diri, cemas, dan merasa ditolak, sehingga muncul perasaan tidak aman. Perasaan insecure apabila dibiarkan saja akan berdampak serius bagi diri individu khususnya kesehatan mental dan pada orang lain. Dalam mengatasi perasaan insecure pada remaja khususnya peserta didik, perlu adanya peran guru BK dalam mengatasinya. Salah satu upaya yang berpotensi untuk mereduksi perasaan insecure yaitu pemberian layanan konseling kelompok teknik dispute cognitive. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui penerapan konseling kelompok teknik dispute cognitive untuk mereduksi insecurity pada remaja. Dengan demikian remaja khususnya peserta didik mampu meningkatkan kualitas pada dirinya. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu literature review dengan mengumpulkan sumber yang relevan dengan pokok pembahasan penelitian. Adapun hasil yang ditemukan yaitu konseling konseling kelompok teknik dispute cognitive dapat mereduksi insecurity pada remaja.


Full Text:

PDF

References


Adiningtyas, M. D., Muslihati, M., & Indreswari, H. (2022). Pengembangan Media Bimbingan Konten Video Youtube untuk Meningkatkan Self-Acceptance Siswa SMP yang Mengalami Insecurity. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 134-142. http://repository.um.ac.id/199067/

Bastomi, H., & Aji, M. A. S. (2018). Konseling Rational Emotif Behaviour Theraphy (Rebt)-Islami (Sebuah Pendekatan Integrasi Keilmuan). KONSELING EDUKASI: Journal of Guidance and Counseling, 2, 25-45. https://www.academia.edu/download/68535230/pdf.pdf

Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1 (1), 116-133. https://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/istighna/article/view/20

Dudi, J. (2017). Pengungkapan Diri Siswa dalam Mengikuti Layanan Konseling Kelompok (Studi Kasus di MAN Model Palangkaraya). Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/1609

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan dan Konseling bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 72-75. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/589

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69-84. http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/article/view/1078

Hafidh, A., Hartanto, F., & Hendrianingtyas, M. (2015). Prevalensi Gangguan Tidur pada Remaja Usia 12-15 Tahun : Studi pada Siswa SMP N 5 Semarang. Medika Medika Muda, 4(4), 873ā€“880. https://www.neliti.com/publications/117255/prevalensi-gangguan-tidur-pada-remaja-usia-12-15-tahun-studi-pada-siswa-smp-n-5

Harnata, A. A., & Prasetya, B. E. A. (2022). Gambaran Perasaan Insecure di Kalangan Mahasiswa yang Mengalami Kecanduan Media Sosial Tiktok. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 823-830. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp/article/view/437

Lianasari, D., Ria, N., & Kurniati, A. (2023). Cognitive Behavior Therapy Teknik Thought Stopping untuk Mengurangi Insecure. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 7(1), 1-8. https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/article/view/1655

Mujiburrahman, M., Nuraeni, N., Astuti, F. H., Muzanni, A., & Muhlisin, M. (2021). Pentingnya Pendidikan bagi Remaja sebagai Upaya Pencegahan Pernikahan Dini. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 36-41. https://jurnalp4i.com/index.php/community/article/view/422

Narawangsa, A. (2021). Psikoedukasi Insecure pada Anak Remaja dengan Body Shaming di MTSN 03 Kota Bekasi: Insecure Psych Education For Teenagers Experiencing Body Shaming in MTSN 03 Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 7(3), 19-22. https://www.journal.stikespemkabjombang.ac.id/index.php/jpm/article/view/952

Nelwan, V., Dedy Kasingku, J., & Warouw, W. N. (2023). Pengaruh Insecure terhadap Kesadaran Akan Kualitas Diri dalam Mempimpin : Persepektif Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tembusai, 4442-4449. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6852

Prasasti, S., & Dewi, E. R. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Insecurity pada Siswa SMA. PROFICIO, 4(1), 27-33. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JPF/article/view/2475

Pratiwi, V. (2023). Penerapan Konseling Individu dengan Pendekatan Humanistik dalam Mengatasi Insecure (Studi Kasus Korban Bullying Klien ā€œGā€). Journal of Society Counseling, 1(1), 12-16. https://journal.scidacplus.com/index.php/josc/article/view/59

Putra, S. (2022). Peran Guru BK dalam Penanaman Nilai Pendidikan Moral pada Siswa. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4 (1), 53-63. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/isrof/article/view/510

Putri, D. T., Hanim, W., & Marjo, H. K. (2019). Konseling Kelompok Perspektif Integrative (Teknik Dispute Cognitive & Teknik Imageri) untuk Mencegah Upaya Percobaan Bunuh Diri Siswa Berasrama di Pesantren. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 2(2), 67-76. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/sel/article/view/1525

Putri, N. S. (2019). Konseling Kelompok dengan Terapi Realita dalam Menurunkan Prokrastinasi Akademik. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(1), 49-56. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/4195

Qatrunnada, J. I., Firdaus, S., Karnila, S. D., & Romli, U. (2022). Fenomena Insecurity di Kalangan Remaja dan Hubungannya dengan Pemahaman Aqidah Islam. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 139-152. https://www.journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/view/655

Rahmaniyah, M., Thalib, S. B., & Latif, S. (2023). Penerapan Teknik Cognitive Disputation untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Siswa Madrasah Aliyah di Kabupaten Soppeng. 3(2), 164ā€“174. http://eprints.unm.ac.id/26834/

Sabil, R., & Karnita, R. (2022). Perancangan Buku Jurnal Interaktif untuk Membantu Mengelola Rasa Insecure Pada Remaja. FAD, 15-15. https://eproceeding.itenas.ac.id/index.php/fad/article/view/1137

Surawan, S., & DLT, SA (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Insecurity pada Siswa SMAN 01 Palangka Raya. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6 (2), 260-269. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/1145

Tarigan, R. O. (2020). Video Simulasi Pengembangan Video Simulasi Konseling Teknik Dispute Cognitive untuk Meningkatkan Resiliensi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(1), 01-08. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpi/article/view/14263

Valentina, A., Putri, G. L., Valiani, V., & Putri, O. H. (2022). Strategi Komunikasi Visual Edukasi Insecurity sebagai Dampak Penggunaan Media Sosial pada Remaja Perempuan. Jurnal Bahasa Rupa, 5(2), 237-245. https://ejournal.instiki.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/view/1067

Wardiansyah, JA (2022). Pengaruh Insecure terhadap Interaksi Sosial pada Santri Babun Najah. Aflah Consilia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1 (1), 1-21. http://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/aflah/article/view/790

Yunita, E., & Karneli, Y. (2022). Efektifitas Teknik Dispute Cognitive untuk Mengurangi Perilaku Nonsuicidal Self-Injury (Studi Kasus pada Mahasiswi Trauma). Counsenesia Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(2), 45-53. http://www.ejournal.utp.ac.id/index.php/CIJGC/article/view/1469


Refbacks

  • There are currently no refbacks.