Peran guru bk dalam mengatasi kecanduan media sosial pada siswa

Yessa Priatnaputri, Agus Ria Kumara

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk memberikan gambaran sekaligus alternatif untuk mengatasi kecanduan media sosial pada siswa. Media sosial berdampak pada (1) gangguan mental, seperti penggunaan yang berlebihan. (2) penyebaran informasi yang palsu (3) kecanduan sampai menganggu produktivitas dan keseimbangan hidup.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang menerapkan metode deskriptif kualitatif dan bertujuan mengekplorasi keadaan keadaan, kondisi, situasi, peristiwa dan kegiatan dengan menggunakan kata – kata tertulis atau lisan dari individu serta perilaku yang diamati di wilayah penelitian. Metode ini menggunakan studi literatur dengan melibatkan pengumpulan sumber bacaan, jurnal dan buku melalui pencarian, lalu menganalisis fokus masalah yang dibahas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan merujuk pada berbagai jurnal, artikel, dan skripsi, dapat disimpulkan bahwa guru BK dapat menggunakan kegiatan yang positif untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan dirinya. Oleh karena itu, guru BK perlu meningkatkan kesadaran siswa untuk mengembangkan program seperti ekstrakurikuler, seminar atau diskusi, keolahragaan, kesenian dll.


Full Text:

PDF

References


Aisafitri, L., & Yusriyah, K. (2021). Kecanduan media sosial (fomo) pada generasi milenial. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(01), 86-106.

Andreassen, C. S., et al. (2017). The relationship between addictive use of social media and video games and symptoms of psychiatric disorders: A large-scale cross-sectional study. Psychology of Addictive Behaviors, 31(2), 252-262.

Andreassen, C. S., Pallesen, S., & Griffiths, M. D. (2017). The relationship between addictive use of social media, narcissism, and self-esteem: Findings from a large national survey. Addictive behaviors, 64, 287-293.

Aprilia, M. D., & Saputra, W, N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik FGD (Focus Group Discuccion) untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 563-570).

Arianto, B., & Handayani, B. (2023). Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Digital Kewargaan: Studi Etnografi Digital. ARKANA: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(02), 220-236.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Nafisa, S. (2021). Hubungan Antara Fear Of Missing Out (fomoo) Dengan Kecanduan Media Sosial Pada Mahasiswa Universitas Islam Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Nurzannah MIN, S., & Serdang, D. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran. In ALACRITY : Journal Of Education (Vol. 2, Issue 3)

Oktaviani, D. (2019). Pengaruh media sosial terhadap gaya hidup mahasiswa IAIN metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro)

Pangesti, Y. Y. (2017).Dampak Media Sosial terhadap Pola Komunikasi Anak dalam Pembentukan Karakter Sopan Santun di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

Primack, B. A., Shensa, A., Escobar-Viera, C. G., Barrett, E. L., Sidani, J. E., Colditz, J. B., & James, A. E. (2017). Use of multiple social media platforms and symptoms of depression and anxiety: A nationally-representative study among US young adults. Computers in human behavior, 69, 1-9.Wardle, C., & Derakhshan, H. (2017). Information disorder: Toward an interdisciplinary framework for research and policymaking. Council of Europe Strasbourg.

Purwanto, Y., Taufik, M., & Jatnika, A. W. (2017). Peran teknologi informasi dalam perkembangan dakwah mahasiswa. Jurnal Sosioteknologi, 16(1), 94-109.

Shirky, C. (2011). The political power of sosial media: Technology, the public sphere, and political change.

Spies Shapiro, L. A., & Margolin, G. (2014). Growing up wired: Social networking sites and adolescent psychosocial development. Clinical child and family psychology review, 17, 1-18.

Sugito, S. E., Aryani Sairun, S. E., Ikbar Pratama, S. E., & Azzahra, I. MEDIA SOSIAL.

Van Dijk. (2013). The Network Society. London: SAGE Publications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.