Studi literatur: Strategi layanan dasar bimbingan dan konseling untuk mengembangkan social awareness pada peserta didik
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk memberikan gambaran sekaligus alternatif layanan dalam bimbingan konseling khususnya layanan dasar untuk mengembangkan social awareness. Semakin berkembangnya zaman, kemampuan seseorang tidak lagi dilihat dari nilai akademisnya saja. Namun juga dapat dilihat dari soft skills yang dimilikinya. Pendidikan memiliki peranan penting untuk mengembangkan soft skills peserta didik, salah satunya yaitu dengan adanya pembelajaran sosial emosional (Social Emotional Learning) yang disingkat dengan SEL. Namun tidak jarang siswa menghadapi beberapa permasalahan seperti konflik hubungan interpersonal maupun personal. Konflik hubungan interpersonal merupakan salah satu tanda negatif apabila peserta didik tidak memiliki social awareness yang tinggi. Sebanyak 52, 65% peserta didik kurang peduli akan lingkungan skitarnya, kurang peduli dengan orang lain, kurang berempati pada orang lain dan sebagainnya. Oleh karena itu, Social awareness penting untuk dimiliki setiap peserta didik. Bimbingan dan konseling berperan esensial untuk mengembangkan social awareness peserta didik, khususnya bagi konselor yang dapat memberikan berbagai layanan yang dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan social awarenesss mereka. Metode dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan literature review. Sumber data merujuk berbagai referensi seperti artikel, buku, prosiding, maupun jurnal nasional dan internasional sesuai dengan topik yang dibahas. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat berbagai strategi layanan khusunya layanan dasar yang digunakan guru bk untuk mengembangkan social awarenesss pada peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Aji, K. A., & Saputra, W. N. E. (2023). Pendekatan konseling teknik rational emotive behavioral therapy (REBT) untuk mengatasi perilaku self injury pada siswa. dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 460-466).
Aliim, T. F., & Darwis, R. S. (2024). Membangun Karakter Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja Melalui Pendidikan Dengan Pendekatan Teori Ekologi Bronfenbrenner. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 6(1), 50-58.
Ananda, ikalevi desti oktaviani buti. (2019). Efektivitas Modifikasi Perilaku Teknik Positive Reinforcement Untuk Mengembangkan Kepekaan Sosial Siswa SMK Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(10), 806–813.
Andayani, E., Hariani, L. S., & Jauhari, M. (2021). Pembentukan Kemandirian Melalui Pembelajaran Kewirausahaan Sosial Untuk Mengembangkan Kesadaran Sosial Dan Kesadaran Ekonomi. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 22-34.
Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: dari paradigma menuju aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).
Bhakti, C. P. (2017). Program bimbingan dan konseling komprehensif untuk mengembangkan standar kompetensi siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 131-132.
Bhakti, C. P., & Safitri, N. E. (2016). Pemanfaatan Metode Experiential Learning Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 72-79).
Bhakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran bimbingan dan konseling untuk menghadapi generasi Z dalam perspektif bimbingan dan konseling perkembangan. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1).
Bhakti, C. P., Hartini, S., & Fauziah, M. (2019). Pelatihan peningkatan kompetensi melakukan bimbingan kelompok bagi guru bimbingan dan konseling SMP di Kabupaten Sleman. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 231-236.
Edi Purwanta, Budi Astuti, Yulia Ayriza, Caraka Putra Bhakti (2024), Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Social-Emotional Learning, UNY Press.
Fatimah, D. N. (2017). Layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan self control siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 25-37.
Goleman, Daniel. 1998. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hasni, U. (2021). Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak Sejak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga. Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 200-213.
Heiriyah, A., & Hayati, S. A. (2020). Upaya Mengembangkan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling pada MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 39-48.
Magdalena, L., Putri, N. R., Devi, S., Aulia, S. N., & Nabilah, S. (2024). Kreatifitas Untuk Peluang Berkarya Menuju Kesuksesan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Maharani, L., & Wahyuni, S. (2023). Analisis Kepekaan Sosial Pada Siswa Madrasah Aliyah Laboratorium Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(01), 189-196.
Mahardika, N. (2020). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Experiential Learning Untuk Mengembangkan Kepekaan Sosial.
Manullang, K. K. B. (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Jejaring Sosial dan Kematangan Emosi Terhadap Kepedulian Sosial. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(4), 479–485. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i4.4465
Marhamah, E., & Choire, A. N. (2021). Literature Review: Efektifitas Mobilisasi Dini untuk Mengembangkan Peristaltik Usus pada Pasien Paska Operasi Abdomen. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 7(1), 25-38.
Megawati, E., Juliejantiningsih, Y., & Sutopo, H. (2024). TINGKAT KEPEKAAN SOSIAL SISWA SMK NEGERI 4 SEMARANG. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 41(1), 1-7.
Mutmainnah, M., & Elihami, E. (2023). The Role of Social awarenesss in Growth and Development in Early Childhood. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 1953-1962.
Nugroho, I. S. (2023). Integritas akademik dan religiusitas problematika pendidikan di era society 5.0.
Pertiwi, N. P., Sumarwiyah, S., & Hidayati, R. (2019). Peningkatan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Home Room Pada Siswa. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(2).
Putri, N. A., Hermanto, F., Ginanjar, A., Nisa, A. N. S., Syakuro, A. A., Listiyo, D., & Fandilah, A. P. T. (2021). Penguatan Social awareness Dan Optimalisasi Penerapan Protokol Kesehatan Pada Era New Normal Melalui “Program Pelita”. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 6(2), 150-156.
Rahman, F. A., & Bhakti, C. P. (2020, September). Implementasi Eksplorasi Karier Siswa di Era New Normal. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling (pp. 36-42).
Rojima, E. (2018). Upaya mengembangkan kepekaan sosial melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi di MAN Pematang Bandar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Simbolon, D. (2021). Literature review untuk penelitian kesehatan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.