Model edukasi upaya pencegahan bullyinng disekolah

Siti Munawaroh, Siti Muyana

Abstract


Menurut WHO, sekitar satu dari tiga siswa di seluruh dunia mengalami beberapa bentuk perundungan. Berdasarkan data yang dihimpun  KPAI dan FSGI, kejadian bullying di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun.  Sekitar 226 kasus perundungan tercatat pada tahun 2022, dan sekitar 53 kasus tercatat  pada tahun 2021. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa bullying masih menjadi ketakutan bagi anak-anak di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, mengedukasi masyarakat mengenai dampak negatif perilaku bullying merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa serta menambah pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mencegah perundungan di lingkungan sekolah dan mengevaluasi model pendidikan yang tepat untuk mengurangi perundungan. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur review yaitu pencarian database seperti Google Scholar dan Pubmed terbatas pada publikasi sepuluh tahun terakhir, yakni tahun 2014 hingga 2023. Kami memilih 10 artikel dari antara artikel yang memenuhi kriteria seleksi dan meninjaunya berdasarkan hasil survei. Setiap artikel memperkenalkan beberapa model edukasi yang dapat diterapkan pada upaya anti-bullying, antara lain: design thinking, role play Media komik dan video animasi sebagai. Berdasarkan hasil kajian literatur, dapat disimpulkan bahwa pencegahan bullying di lingkungan sekolah dapat dimulai dengan mengidentifikasi dan merencanakan model edukasi yang tepat sebagai upaya pencegahannya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang dampak negatif bullying dan mengurangi angka kejadian kekerasan di sekolah

Full Text:

PDF

References


Abdollahi, A., Talib, M., Carlbring, P., Harvey, R., Yaacob, S., & Ismail, Z. (2018). Keterampilan memecahkan masalah dan stres yang dirasakan di kalangan mahasiswa sarjana: Peran moderat dari ketahanan. Jurnal Psikologi Kesehatan , 23, 1321 - 1331. https://doi.org/10.1177/1359105316653265 .

Azani, N. (2022). Hurburngan Serlf Rergurlaterd Lerarning Derngan Acadermic Hardinerss Pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Serdang Mernermpurh Skripsi. Skripsi. Fakurltas Psikologi. Urniverrsitas Murhammadiyah Malang.

Bakar, A., Fajriani, F., Husen, M., & Shafira, N. (2022). Ketahanan Akademik dan Prokrastinasi Aktif: Tingkat dan Korelasi di antara Mahasiswa Universitas. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam) . https://doi.org/10.32505/enlighten.v5i1.3871 .

Fajriani, F., Bakar, A., & Marsela, F. (2021). Bimbingan Berbasis Terapi Singkat Berfokus Solusi (SFBT) untuk Ketahanan Akademik Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Islam. Vo. 1, No. 1.

Gao, J., Zhu, Z., Roslan, S., Zaremohzzabieh, Z., Burhanuddin, N., & Geok, S. (2023). Meningkatkan ketahanan di kalangan mahasiswa: Sebuah meta-analisis studi intervensi. Frontiers in psychology, 13.

John D. Smith & Emily R. Brownr (2021). The Role of Academic Hardiness in Students' Academic Achievement and Well-being. Journal of Educational Psychology, 113(4), 670-683.

Karlina, L (2023) Layanan Bimbingan Kerlompok Mernggurnakan Terknik Biblioerdurkasi unturk Merningkatkan Acadermic Hardinerss Siswa Pada Masa Pandermi Covid 19 Di SMPN 9 Banjarmasin. Skripsi. Fakurltas Kergurruran dan Ilmur Perndidikan.

Maddi S. R., Mattherws M. D., Kerlly D. R., Villarreral B. J., Whiter M. (2012). Ther roler of hardinerss and grit in prerdicting perrformancer and rerterntion of UrS–MA Caderts. Military Psychology, 24(1), 19–28.

Mawarni, A., Thahir, A., Yursurf, S., & Ilfiandra, I. (2022). Moderl Merraih Kersurksersan Sertiap Hari (ASEr) urnturk Merngermbangkan Daya Tahan Akadermik Siswa. KONSErLI : Jurrnal Bimbingan dan Konserling (Er-Jourrnal) . https://doi.org/10.24042/kons.v9i1.11791 .

Meng, Q., & Jia, W. (2022). Pengaruh Ketahanan Psikologis Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa: Efek mediasi keterlibatan akademik. Karya .

Nastasia, K., Candra, I., dan Putri, A. K. 2023. Peranan Hardiness Terhadap Stress Akademik pada Siswa Kelas XI. Psyche 165 Journal. 16 (2): 87-92.

Nurrhasanah, N., & Nida, Q. (2016). Permbernturkan Karakterr Siswa olerh Gurrur Bimbingan dan Konserling Merlaluri Layanan Bimbingan dan Konserling. https://doi.org/10.26811/PErUrRADErUrN.V4I1.86 .

Patton, T., & Goldenberg, D. (1999). Ketahanan dan Kecemasan Sebagai Prediktor Keberhasilan Akademis Pada Mahasiswa RN Tahun Pertama, Penuh Waktu, dan Paruh Waktu. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan Dalam Peperawatan. https://doi.org/10.3928/0022-0124-19990701-07 .

Rahmawati, D. (2023). Perngarurh Lingkurngan Serkolah Terrhadap Perngermbangan Kerterrampilan Perserrta Didik. Jurrnal Perndidikan dan Permberlajaran, 12(3), 78-90.

Ramadhoni, S. R., Azizah, N., Wibowo, M. Er., & Purrwanto, Er. (2019). Strerngth Baserd Grourp Cournserling urnturk Merningkatkan Acadermic Hardinerss Mahasiswa. Jurrnal Bimbingan dan Konserling Islam. Vol. 9, No. 02.

Sertiawan, A. (2022). Perran Lermbaga Perndidikan dalam Merncerrdaskan Kerhidurpan Bangsa. Jurrnal Perndidikan dan Kerburdayaan, 17(1), 45-59.

Simbolon, R., & Purba, W. (2022). Mengevaluasi Dampak Program Konseling Sekolah Terhadap Kesejahteraan Siswa dan Prestasi Akademik di Lingkungan Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora.

Sinaga, M. H. P. 2022. Perngermbangan Moderl Layanan Konsurltasi Berrbasis Cognitiver Berhavior urnturk Merningkatkan Acadermic Hardinerss Siswa SMA di Kota Sermarang. Repository. Laporan Penelitian. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UINSU Medan.

Surkardi. (2021). Perran Perndidikan dalam Mermperrsiapkan Siswa Mernghadapi Masa Derpan. Jurrnal Perndidikan Indonersia, 10(2), 123-135.

Surlastri & Yursra, Z. (2023) Kontribursi Acadermic Hardinerss dan Grit Terrhadap Prokrastinasi Akadermik. Jourrnal Of Social Scierncer Rerserarch. Vol 3, No. 3

Zurlfikar, Z. (2022). Urrgernsi Kertahanan Akadermik Siswa di Serkolah. MARAWA: Jurrnal Masyarakat Rerligiurs dan Berrwawasan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.