Desain whatsapp video call counseling

Delia Agustina, Agus Supriyanto

Abstract


Kemajuan teknologi saat ini, menjadi peluang munculnya inovasi-inovasi untuk memudahkan ragam kegiatan yang dilakukan manusia. Pada perkembangan teknologi saat ini menjadi kesempatan bagi guru bimbingan dan konseling untuk melalukan konseling online dengan perantara media sosial. Pada penggunaan media sosial ini guru bimbingan dan konseling memfokuskan pada media sosial berbasis whatapp video call counseling. Pada pelaksanaan layanan konseling online konselor tidak mengharuskan bertemu dengan konseli secara langsung. Layanan konseling online dengan fitur whatsapp video call counseling ini memudahkan konselor untuk melakukan layanan konseling, serta menjadikan media bagi konseli untuk mengutarakan masalah yang sedang di hadapi

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, vina robi’atul, Reffiansyah, nadya afrida, & Anbiya, bakti fatwa. (2024). Teknologi pembelajaran: peran whatsapp dalam interaksi pendidik dan peserta didik. http://edukhasi.org/index.php/edu/article/view/271/93

Afnibar, D. F. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar. DedikasiMU : Journal of Community Service, 3(4), 1139.

Alhababy, A. M. (2016). Penerapan aktifitas belajar daring dengan media whatsapp video call untuk meningkatkan hasil belajar di masa pandemi pada siswa kelas 1 SD Negeri Ngijon 2. 14(5), 1–23.

Hatta, H., & Zia Ulhaq, M. (2022). Penggunaan Media Sosial Whatsapp Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Makassar. Jurnal Kependidikan Media, 11(3), 153–161. https://doi.org/10.26618/jkm.v11i3.9492

Hendro Setyo Wahyudi, M. P. S. (2014). Artikel Teknologi dan Kehidupan Masyarakat Hendro Setyo Wahyudi, Mita Puspita Sukmasari 1. Jurnal Analisa Sosiologi, 3 (1), 12. https://media.neliti.com/media/publications/227634-teknologi-dan-kehidupan-masyarakat-7686df94.pdf

Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 15–22. https://doi.org/10.29210/1400

Kamaruddin. (2019). Penggunaan Video Call Whatsapp Oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau Kota Pekanbaru. 70.

Koten, F. P. N., Jufriansah, A., & Hikmatiar, H. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Informasi dalam Pembelajaran: Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(1), 72–84. https://doi.org/10.37640/jip.v14i1.1409

Komara, I. B., & Saputra, W. N. E. (2023). Implementasi bimbingan kelompok teknik problem solving untuk meningkatkan Self-Regulated Learning (SLR) siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 1050-1058).

Mustika, H., Jamaris, J., & Solfema, S. (2023). Urgensi Filsafat Ilmu dalam Bimbingan Konseling di Era Digital. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 6(2), 116. https://doi.org/10.30598/jbkt.v6i2.1717

Putri, M. (2023). Pemanfaatan cybercounseling pada layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i3.8246

Sukamto, & Suryadi. (2022). Cyber counseling: media & solusi layanan konseling di tengah pandemi covid-19. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 19(1), 88–106. https://doi.org/10.14421/hisbah.2022.191-06

Ursula, P. abda. (2021). Mengenal Layanan Konseling. Jurnal Pendidikan, 8(3), 62–73.

Yasuda, R., & Augustine, G. J. (2008). Optogenetic probes. Brain Cell Biology, 36(1–4), 1–2. https://doi.org/10.1007/s11068-008-9037-4

Zakirman, & Chichi Rahayu. (2018). Popularitas WhatsApp sebagai media komunikasi dan berbagi informasi akademik mahasiswa. Shaut Al-Maktabah Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 10(1), 27–38. https://doi.org/10.15548/shaut.v10i1.7


Refbacks

  • There are currently no refbacks.