Pengembangan karir masa depan siswa untuk meningkatkan kesiapan kerja di smk pariwisata cirebon

Nakhma Ussolikhah, Hara Permana, Akebar Sulaiman Habibi, Ficky Adi Kurniawan

Abstract


Permasalahan karir terjadi di lingkungan sekolah menengah kejuruan penyebab demikian terjadi  kurang memahami potensi pada diri siswa sehingga sulit menentukan pilihan karir masa depan dan masih terdapat beberapa siswa yang ragu dalam menentukan pilihan untuk melanjutkan studi lanjut. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja kelas XII Jurusan Perhotelan SMK Pariwisata Kota Cirebon, mengetahui peran layanan bimbingan karir terhadap dan untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa setelah diberikan layanan bimbingan karir terhadap kesiapan kerja Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif fenomenologi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan karir dilaksanakan sesuai dengan program kerja BK di sekolah. Jenis layanan BK Karir diimplementasikan menjadi dua bagian yaitu bimbingan kelompok, dan bimbingan klasikal. Guru BK memiliki peran penting dalam memberikan informasi mengenai perguruan tinggi dan pekerjaan kepada siswa, dengan tujuan membantu mereka dalam memilih karir berdasarkan minat serta potensi diri pribadi. Layanan bimbingan karir di SMK Pariwisata Kota Cirebon sudah berjalan dengan baik karena guru bimbingan dan konseling diberikan jam pelajaran tatap muka dikelas sehingga guru bimbingan dan konseling lebih kondusif untuk mengimplementasikan program pengembangan karir siswa di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Faturrahman & Saputra, W. N. E. (2023). Bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mereduksi kecemasan Komunikasi siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol 3, pp. 871-875).

Folastri, S., & Rangka, B. I. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Panduan Praktis Menyeluruh) (Issue January 2016).

Hartono. (2016). Bimbingan Karir. Prenada Media.

Irman, H. (2009). Konseling Karir. STAIN Batusangkar Press.

J Lexy, M. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Jauhari, M. I. (2022). Teori Humanistik Maslow dan Kompetensi Pedagogik. 5, 250–265.

Laksmi. (2013). Interaksi, Interpretasi dan Makna: Pengantar Analisis Mikro Penelitian di Bidan Ilmu Informasi dan Ilmu Terapan lainnya. Karya Putra Darwati.

Nova Erlina, L. A. F. (2016). Penggunaan Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Behavioral Untuk Mengurangi Prilaku Membolos Peserta Didik Kelas Viii Mts Miftahul Ulum Merabung Iii Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 03(1), 137–152.

Nuraini. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yayasan Ainisyam.

Rahmad. (2013). Bimbingan Karir Suatu Kajian Teoritis. Riau Creative Multimedia.

Sudarmiyati, S. (2018). Layanan bimbingan dan konseling di era digital. Prosiding Seminar Nasional Strategi Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Era Disrupsi, 159–166.

Sugiharjo, R. J. (2017). Pengaruh Perencanaan Karir, Pengembangan Karir Karyawan, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Jambuluwuk Puncak Resort. Ekonomi Islam, III(03), 444–454.

Sulistyarini, dan M. J. (2014). Dasar-dasar konseling. Prestasi Pustakarya.

Sulistyarini. (2013). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja dan Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Program Keahlian Akutansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Pelajaran 2011/2012.

Syamsul Munir, A. (2013). Bimbingan dan Konseling Islam. Amzah.

Walgito, B. (2013). Bimbingan & Konseling (Studi & Karir). Andi Offset.

Yahya, M. (2019). Model Kemitraan Smk Dengan Dunia. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Yusuf, S. (2010). Landasan Bimbingan dan Konseling. Remaja Rosda Karya.

Zainuddin, M. (2022). Pengaruh Kompetensi Kerja, Bimbingan Karier Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswakelas Xii Dan Xiii Smk Negeri 1 Selong. Jurnal Humaniora Rinjani (JHR), 3(1), 55–66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.