Pengembangan karir berdasarkan tipe kepribadian holland untuk generasi z

Nurul Emiyani, Caraka Putra Bhakti

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengembangan karir berdasarkan tipe kepribadian Holland untuk Generasi Z. Teori kepribadian Holland membagi individu menjadi enam tipe kepribadian yaitu Realistik, Investigatif, Artistik, Sosial, Enterprising, dan Konvensional (RIASEC). Setiap tipe kepribadian memiliki karakteristik yang unik yang mempengaruhi preferensi dan pilihan karir. Generasi Z, yang tumbuh dalam era digital dengan nilai-nilai dan ekspektasi yang berbeda, cenderung mencari pekerjaan yang memberikan kepuasan pribadi selain penghasilan. Artikel ini menyoroti pentingnya pendekatan person-environment fit, di mana individu dapat menemukan karir yang sesuai dengan kepribadian dan lingkungan kerja yang mendukung. Melalui self-assessment, eksplorasi karir, pendidikan, dan pelatihan yang relevan, serta kemampuan adaptasi, Generasi Z dapat mencapai kepuasan dan kesuksesan jangka panjang dalam karir mereka. Studi ini menggunakan literature review dan memberikan rekomendasi praktis untuk membantu Generasi Z dalam merencanakan dan mengembangkan jalur karir yang sesuai dengan tipe kepribadian mereka.


Full Text:

PDF

References


Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2020). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. 4, 63–70.

Asri, R., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Peningkatan Kematangan Karir Siswa Dengan Teori Holland. 6, 121–132.

Farhan, F., & Biran, M. (2022). Perspektif teori holland dalam pemilihan karir siswa SMA di era teknologi informasi. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 9. https://doi.org/10.29210/1202221148

Ii, T., & Pancur, K. (2022). (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial). 1.

Mudhar, M., Hasiana, I., Mufidah, E. F., & Badiah, L. I. (2023). Analisis Minat Karier Berdasarkan Teori Karier Holland Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Gresik. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 18–29. https://doi.org/10.19105/ec.v4i2.10218

Nulhusni, N., Afdal, A., & Yusuf, A. M. (2021). Analisis Teori Holland dalam Bimbingan dan Konseling Karir. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 112–120. http://www.jurnal.iicet.org/index.php/schoulid/article/view/930

Pilosusan, S., Afdal, A., & Yusuf, A. M. (2021). Konsep Dasar Career Exploration dalam Perspektif Teori Holland Universitas Negeri Padang 123. Featured Research 149 SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 151–153. https://doi.org/10.23916/08883011

Putri, I. E., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Perspektif Teori Holland dalam Pemilihan Karir Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1669–1675. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/591

Sari, M. P., & Hidayat, D. R. (2021). Implementasi Teori Kepribadian Karir Holland di SMK, dalam Sistematika Kajian Pustaka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 259–265. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1163

Sawitri, D. R. (2022). No Title. 0.

Syam, S. dkk. (2020). Karier. Widina.

Umayah, U., Ningsih, E. P., W, A. Z. S., & P, N. C. U. (2023). Pemahaman Pola Fikir Remaja Gen-Z dalam Menentukan Masa Depan : Kajian Psikoanalisa. 2(02), 266–273.

Vondrea, C., & Riza, F. (2024). SEIKO : Journal of Management & Business Menguraikan Pilihan Karier Generasi Z : Daya Tarik Employer Brand dan Reputasi Korporat. 7(1), 869–879.

Wiley, john dkk. (n.d.). Career development and counseling. In Putting theory and research to work.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.