Literature review: Perencanaan individual untuk work-life balance di kalangan gen z
Abstract
Generasi Z, yang lahir antara tahun 1995 dan 2012, mulai memasuki dunia kerja dengan kebutuhan dan harapan yang berbeda dari generasi sebelumnya. Salah satu isu utama bagi generasi ini adalah keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi (work-life balance). Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka untuk mengeksplorasi pentingnya perencanaan individual dalam membantu Generasi Z mencapai work-life balance. Studi ini mengidentifikasi bahwa work-life balance melibatkan tidak hanya pembagian waktu yang seimbang antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, tetapi juga kualitas keterlibatan dan kepuasan dalam kedua domain tersebut. Faktor internal seperti manajemen waktu dan keterampilan coping, serta faktor eksternal seperti kebijakan perusahaan dan dukungan keluarga, memainkan peran penting dalam mencapai keseimbangan ini. Temuan menunjukkan bahwa perencanaan individual yang efektif dapat meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan fisik dan mental. Penelitian ini memberikan panduan bagi individu dan organisasi dalam menciptakan lingkungan kerja yang mendukung keseimbangan yang sehat, dengan memperhatikan karakteristik khusus Generasi Z.
Full Text:
PDFReferences
Abutalip, D., Yesbossyn, M., Pertiwi, F. D., Suleimen, S. B., & Kassymova, G. K. (2023). Career guidance for Generation Z: modern methods of professional orientation in a stress Period. Challenges of Science.–2023.–Issue VI, 15-21.
Greenhaus, J. H., & Powell, G. N. (2006). When work and family are allies: A theory of work- family enrichment. Academy of management review, 31(1), 72-92.
________, J. H., Collins, K. M., & Shaw, J. D. 2003. The relation between work-family balance and quality of life. Journal of Vocational Behavior.
Gumilar, E. T. (2022). Efektivitas Layanan Perencanaan Individual Untuk Meningkatkan Kemantapan Pilihan Karier Peserta Didik (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 4 Bekasi Tahun Ajaran 2021/2022) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hendra, D., & Artha, B. (2023). Work-Life Balance: Suatu Studi Literatur. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 11320-11330.
Iacovoiu, V. B. (2020). Work-life balance between theory and practice. A comparative analysis. Economic Insights –Trendsand Challenges, 57-67.
Ljungkvist, H., & Moore, M. (2023). The challenges of achieving work-life balance in the digital age: A study of young professionals: Exploring the impact of new ways of working on early career adults.
Moghaddam, S. A., Tavakoli , A. M., Salajegheh, S., Mehdizadeh, S., & Shokoh, Z. (2022). Work-life balance in nurses working in hospital: a model with the mediating role of emotional intelligence. Social Determinants of Health, 8(1), 1-12.
Putri, S. A. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi work-life balance pada wanita buruh tani. Jurnal Psikologi Malahayati, 3(1), 28-38.
Riyani, D. T., & Handayani, S. (2024). Pengaruh Work Life Balance terhadap Kesehatan Mental Pekerja Generasi Milenial di Daerah Istimewa Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Teknologi Yogyakarta).
Savitri, M., & Gunawan, A. (2023). Dampak Keseimbangan Kehidupan Kerja dan Kesehatan Mental pada Kinerja dan Kepuasan Kerja saat Pandemi Covid-19. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12), 5600-5607.
Suwito, E. D., Pamungkas, R. A., & Indrawati, R. (2022). Faktor yang mempengaruhi work life balance tenaga kesehatan di rumah sakit pada masa pandemi covid-19. Jurnal Health Sains, 3(3), 378-393.
Tamunomiebi, M. D., & Oyibo , C. (2020). Work-life balance and employee performance: A literature review. european journal of businessand Management Research, 5(2), 1-10.
Zahrah, A. A., Pratiwi, I. D., Dalimunthe, S. F., Nababan, L. F., & Ginting, S. N. B. (2024). Konseling Individual Untuk Perencanaan Karir Siswa. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(5), 310-320.
Refbacks
- There are currently no refbacks.